Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - The Architect

Professional Executive, 𝘾𝙖𝙣 𝘽𝙚𝙖𝙪𝙩𝙮 Coach, Master 𝙃𝙮𝙥𝙣𝙤𝙩𝙞𝙨𝙩, Professional 𝙃𝙮𝙥𝙣𝙤𝙩𝙝𝙚𝙧𝙖𝙥𝙞𝙨𝙩, Blogger, Professional Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 𝙍𝙪𝙢𝙖𝙝 𝙃𝙞𝙥𝙣𝙤𝙩𝙚𝙧𝙖𝙥𝙞.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

5 Jenis Kekayaan, Hayo Kamu Sudah Punya yang Mana?

18 Oktober 2021   22:21 Diperbarui: 19 Oktober 2021   08:35 209 26 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa definisi orang kaya menurut kamu? Apakah orang yang punya banyak uang? Apakah orang yang punya rumah mewah? Atau orang yang bisa pergi liburan kemana-mana?

Sebagian besar orang akan berpikir bahwa ukuran kekayaan adalah materi. Namun tahukah bahwa sesungguhnya kekayaan itu memiliki arti yang lebih luas. 

Kekayaan tidak hanya sekedar hidup dengan bergelimang harta. Kekayaan juga bukan cuma diukur dari seberapa banyak tabungan kita. Semua jenis materi dan aset yang kamu miliki itu cuma salah satu dari sekian jenis kekayaan.

Lantas apa saja jenis-jenis kekayaan itu? Baca hingga akhir tulisan ini sehingga kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Manusia diciptakan sebagai makhluk ide, makhluk konseptual yang berasal dari akal pikirannya. Inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

Dalam mengarungi kehidupan, seorang manusia tidak cukup hanya berpegang pada gagasan-gagasan yang dia miliki. Apalagi untuk mempengaruhi serta berinteraksi dengan manusia lain.

Oleh karena itu semua ide serta gagasan kemudian dituangkan dalam bentuk simbol-simbol yang diberi makna. Contoh paling mudah ialah bahasa. Bahasa merupakan hasil dari pemikiran atau ide yang dituangkan kedalam simbol-simbol, kemudian terciptalah huruf, tanda baca, kata-kata hingga kalimat.

Coba kamu perhatikan sekeliling, semua yang terlihat dan ditangkap oleh mata kita adalah wujud dari simbol-simbol. Gelas, piring, mobil, pohon, rumah dan semua benda di dunia ini merupakan simbol-simbol yang disepakati penamaannya.

Pun demikian halnya dengan kekayaan, mungkin setiap orang termasuk aku dan kamu, mendefinisikan kekayaan sebagai aset atau materi berwujud. Tidak salah memang karena sejak kecil kita diajarkan bahwa simbol kekayaan adalah banyak uang, punya rumah dan punya mobil.

Tetapi pemahaman kekayaan sama dengan materi merupakan sesuatu yang membatasi cara berpikir kita. Mengapa? Karena pada dasarnya tafsiran kekayaan bisa sangat luas dan bermakna lebih dalam.

Berikut ini jenis-jenis kekayaan yang idealnya kita miliki sehingga kita bisa menjadi manusia yang seutuhnya.

1. Kekayaan Finansial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan