Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - The Architect

Professional Executive, Master Hypnotist, Professional Hypnotherapist, Blogger, Professional Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 'Rumah Hipnoterapi' and Founder Hypnotic Empowerment

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Etika-etika Sederhana dalam Keseharian Kita

7 September 2021   23:54 Diperbarui: 9 September 2021   18:29 894 44 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Etika-etika Sederhana dalam Keseharian Kita
Etika/Sumber: Shutterstock

"Seseorang tanpa etika adalah binatang buas yang dilepaskan dari dunia ini." - Albert Camus -

Dua hari yang lalu tak sengaja saya singgah di salah satu akun instagram motivasisuksesku.id. Diantara banyak feed yang terpampang, ada satu picture yang menarik mata saya.

Gambar itu memperlihatkan contoh beberapa etika dalam hidup yang mesti kita terapkan. Well..saat pertama kali membaca, saya langsung kasih "like" karena memang sangat sesuai dan menginspirasi.

Sumber: Instagram/Alona
Sumber: Instagram/Alona

Tak ada yang salah dengan 6 etika dalam hidup diatas. Namun saya jadi penasaran, apakah memang cukup itu saja, atau sebenarnya masih banyak etika-etika lain yang bisa dijadikan pedoman.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, suku bangsa dan agama. Meski begitu, masyarakat Indonesia sangat menjunjung etika di dalam mengarungi kehidupan.

Secara bahasa kata ‘Etika’ lahir dari bahasa Yunani ethos yang artinya tampak dari suatu kebiasaan. Dalam hal ini yang menjadi perspektif objeknya adalah perbuatan, sikap, atau tindakan manusia.  

Etika ialah sistem prinsip-prinsip moral yang berasal dari akal budi manusia berupa aturan, norma dan kaidah untuk melakukan perbuatan atau tingkah laku serta sebagai pedoman dalam memutuskan benar atau salah.

Karena rapatnya level gradasi etika, maka seringkali satu etika mempunyai sifat multitafsir. Pemahaman satu orang dengan lainnya bisa jadi tidak sama.

Tetapi perlu juga dipahami, jika tatanan kehidupan ini tanpa etika, maka yang terjadi adalah chaos. Oleh sebab itu penting sekali seorang individu maupun kelompok setidaknya memiliki etika-etika dasar dalam menjalankan roda kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan