Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

YPTD Mewujudkan Trust Melalui Laporan Transparan dan Akuntabel

3 Juni 2021   06:56 Diperbarui: 3 Juni 2021   07:00 115 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
YPTD Mewujudkan Trust Melalui Laporan Transparan dan Akuntabel
dokumen yptd

Bersama ini kepada seluruh stake holders disampaikan Laporan Transaksi Keuangan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD). Laporan untuk pertama kali Bulan Mei 2021 dari Bank Rakyat Indonesia Nomor Rekening: 093201040485532 An. Bendahara Enida Busri.

Laporan Keuangan YPTD merupakan wujud Transparansi dan Akuntabel Pelayanan Publik. Perubahan manajemen pelayanan YPTD dari menerbitkan buku ber-ISBN tenpa biaya ke bayar seikhlasnya harus diikuti pula dengan pertanggungjawaban keuangan Pengelola YPTD.

Pertanggung jawawaban itu wajib dilakukan bersebab adanya transaksi keuangan. Transaksi baik berupa uang masuk maupun uang keluar. Rincian uang yang diterima Bendahara lebih kepada sumbangan se ikhlasnya para penulis.

Seangkan biaya yang dikeluarkan berbentuk pembayaran ongkos cetak buku ke Buring Digital Print sesuai dengan judul buku. Selain itu Bendahara mengeluarkan pula dana untuk pembiayaan ongkos kirim buku ke alamat penulis.

Pengeluaran lainnya yang nantinya rutin yaitu pembayaran langganan Zoom sebesar Rp. 300.000,- per bulan. Demikian pula jasa untuk Mas Fahrizal staf percetakan yang melayani pencetakan buku terbitan YPTD sebesar Rp. 200.000,-

Transparansi dan akuntabilitas memiliki keterkaitan satu sama lain. Transparansi menunjuk pada kebebasan memperoleh informasi. Akuntabilitas menyangkut pertanggungjawaban kepada publik atas setiap aktivitas yang dilakukan.

Bentuk laporan untuk sementara berupa print out dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbentuk Rekening Koran YPTD. Sesuai pula saran dari beberapa rekan penulis makna seikhlasnya tak elok pula mencantumkan nama penyumbang.

Hal ini berkaitan dengan jumlah dana yang disumbangkan seikhlasnya ke YPTD sangat beragam. Artinya besar kecil sumbangan dana tersebut tidak menjadi masalah. Kerahasiaan itu hanya ada di penyumbang dan bendahara YPTD.

Transaksi selama Bulan Mei 2021

Saldo awal : Rp. 312.706. 20

Dana Masuk / Kredit : Rp. 4.725.124

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN