Mohon tunggu...
Thamrin Sonata
Thamrin Sonata Mohon Tunggu... Wiswasta

Penulis, Pembaca, Penerbit, Penonton, dan penyuka seni-budaya. Penebar literasi.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Kompasianer Sutiono Menyusun 100 Kisah Inspiratif

5 Oktober 2016   08:04 Diperbarui: 5 Oktober 2016   10:55 0 6 6 Mohon Tunggu...
Kompasianer Sutiono Menyusun 100 Kisah Inspiratif
Buku tentang kisah inspiratif. dok. Peniti Media

“Alhamdulillah Bu, hanya sayang saya ditinggal sendirian seperti sekarang, dulu sewaktu suamiku masih hidup masih ada yang diajak bicara,” kata Ibu Tua kepada tetangga yang merasa iri karena dianggap telah punya anak-anak sukses.

Pada malam takbiran, ibu tua itu sedang menyiapkan beras untuk fitrah, ada datang keponakannya membawa HP. Lalu sang keponakan memberitahu Mas Dono (anak yang menjadi penjabat Jakarta) minta maaf lewat SMS. Disusul Mas Bayu, SMS dan kemudian telepon yang memberitahukan, “Saya minta maaf sebesar-besarnya, Bu, tepat Lebaran saya harus silaturahmi ke tempat Bos ....”

Ada lagi kisah tentang Ibu:

Seorang anak yang menggendong ibunya yang renta dan membuangnya ke dalam hutan. Sepanjang jalan, Si Ibu mematahkan ranting pohon dan menebarkannya. Hingga akhirnya ia pun ditaruh oleh Si Anak. Si Anak sedih juga, karena mesti meninggalkan ibunya. Berbeda dengan Si Ibu.

“Anakku, Ibu sangat menyayangimu. Sejak kau kecil sampai dewasa Ibu selalu merawatmu dengan segenap cintaku. Bahkan sampai hari ini. Tadi Ibu sudah menandai sepajang jalan yang kita lalui dengan ranting-ranting kayu. Ibu takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai di rumah.”

Dan 98 kisah yang dituangkan Sutiono dengan bahasa sederhana. Tak lika-liku. Tentang orangtua yang tetap ingin anak-anaknya baik walau ia sesungguhnya tersakiti. Di samping kisah-kisah dari luar negeri: China, Eropa, Amerika atau belahan dunia mana pun. Tentang tokoh yang kita mungkin sangat paham siapa itu Ibu Theresa, Elizabeth Taylor, Charlie Chaplin, Paganini, bahkan pemilik Kentucky Froed Chicken, Colonel Sander.

“Pada usia 65 tahun ia sudah siap bunuh diri. Namun pada usia 88, Colonel Sander, penemu Kerajaan bisnis KFC telah menjadi biliuner.” Ya, setelah ia menapak jalan berliku:

Pada usia 5 tahun, ayahnya meninggal dunia.

Pada usia 16 tahun, ia keluar dari sekolah

Pada usia 17 tahun, ia sudah kehilangan pekerjaan empat kali

Pada usia 18 tahun, menikah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x