Mohon tunggu...
Thabina Carissa
Thabina Carissa Mohon Tunggu... Lainnya - Institut pertanian bogor

FREELANCE

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pengaruh Influencer dalam Arah Politik Masyarakat

17 Februari 2024   09:02 Diperbarui: 17 Februari 2024   09:06 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sukabumi - Perubahan zaman dipengaruhi oleh adanya teknologi, banyak sekali perubahan yang terjadi. Seperti penggunaan media yang berupa konvensional berubah menjadi media digital. Saat ini,media digital menjadi sebuah jembatan telekomunikasi dan informasi yang efektif digunakan oleh khalayak. Seperti yang kita tahu, dengan adanya media digital ini dapat memberi dampak yang signifikan. 

Barack Obama menjadi salah satu politikus yang menggunakan kekuatan media sosial dan influencer secara efektif dengan menggunakan selebritas populer seperti Oprah Winfrey, Presiden Joko Widodo juga melakukan hal yang sama saat melakukan kampanye, bahkan setelah kemenangannya dalam pilpres tahun 2019 Joko Widodo mengundang para influencer pendukungnya datang ke istana untuk menyampaikan selamat dan terimakasih karena telah mendukungnya dalam pilpres 2019.

Media sosial merupakan bagian dari media digital yang memiliki jangkauan aspek yang sangat luar biasa. Tahun 2024 isu politik masih menjadi bahan utama pembicaraan khalayak, baik mengenai pemilu ataupun sistem pemilu. Dalam hal ini media digital berupa media sosial memiliki kekuatan untuk ikut serta dalam mendistribusikan mengenai berbagai informasi politik. Perlu diketahui dalam menggunakan media sosial juga diperlukan seorang influencer yang dimana mampu memengaruhi, mengkoordinasi bahkan mendorong menciptakan sebuah hal baru.

Pengaruh influencer dalam Komunikasi Politik

Influencer muncul di berbagai platform media sosial, saat ini influencer menempati real estate digital di berbagai aspek atau topik, termasuk topik politik. Seorang influencer memiliki kekuatan untuk mempengaruhi bahkan mengkoordinasi khalayak. Influencer dapat memanfaatkan pengaruh media sosial mereka untuk memengaruhi, dengan pembuatan konten yang dapat menarik khalayak luas untuk percaya dan mengikuti influencer tersebut. 

Seorang Influencer juga paham bagaimana cara mengeksplorasi keterjangkauan platform baru. Ketika influencer berbicara mengenai isu politik, mereka terlibat dalam "wilayah abu-abu antara pasar dan demokrasi" (de Gregorio & Goanta,2022:225). Influencer sendiri memonetisasi konten baik untuk mencari nafkah, mengulas untuk dibayar, atau mendukung sebuah merek.

Kandidat politik dalam menjangkau kelompok tertentu kerap menggunakan atau memanfaatkan influencer untuk mempromosikan tujuan mereka guna memengaruhi khalayak luas ( Glazer & Wells,2019 ; Wong,2020 hal,225). Pendekatan konseptual yang berbeda- beda menunjukkan serangkaian dimensi yang menjadi inti dalam mendefinisikan mengenai influencer, politik dan media. Walaupun demikian, kemampuan influencer politik mampu menavigasi dinamika kompleks dari platform masing- masing. Gagasan bahwa secara  teoritis setiap orang memiliki potensi untuk menjadi influencer sejalan dengan "komodifikasi
diri neoliberal yang melekat" ( Lewis 2020 , hal. 203).

Melihat masa depan politik Indonesia dengan adanya Influencer

Kekuatan yang dimiliki influencer untuk mendobrak pintu politik sangat besar, dilihat dari besarnya kekuatan media sosial pada era ini. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini politik dimainkan dalam moral atau diskriminasi dengan alih- alih didefinisikan sebagai kategori politik ataupun dikaitkan dengan alih- alih benar dan salah. Gagasan yang lebih luas mengenai politik sebagai wacana dan tindakan yang berkaitan dengan kehidupan public bergantung pada " sifat biner masyarakat sipil" ( Alexander,2006).

Influencer dapat memanfaatkan sebuah platform media sosial dengan lebih efektif, di mana sebuah platform sebagai infrastruktur yang digunakan influencer untuk berinteraksi dengan audiensnya. Adapun dua platform yang sangat populer dikalangan Influencer adalah Tiktok dan Instagram (Abidin,2020 ; Cotter.2019). Influencer sendiri sering dipahami serupa dengan opini yang mempengaruhi terhadap orang lain dengan menyampaikan informasi dan bertindak sebagai perantara terhadap khalayak. Kombinasi atribut yang diinginkan entah itu atribut pribadi ataupun jaringan yang memungkinkan mereka mempengaruhi sejumlah besar orang lain secara tidak proporsional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun