Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - hanya ibu rumah tangga biasa

Hobby sederhana: membaca, menulis, memasak, travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Anak UTBK 2024, Ortu Rela Menunggu Berjam-jam

3 Mei 2024   17:57 Diperbarui: 4 Mei 2024   11:37 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Selasa, 30 April 2024, anak pertama saya, Putik Cinta Khairunnisa, mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dalam seleksi nasional berbasis tes (SNBT) 2024. Lokasi ujiannya di Gedung IASTH (Institute for Advancement of Science Technology and Humanity) Universitas Indonesia Salemba, Jakarta Pusat.

Ini adalah pertama kalinya anak saya ikut UTBK. Persyaratan mengikuti ujian sudah dipersiapkan, seperti kartu peserta ujian, surat keterangan lulus SMA atau surat keterangan bahwa yang bersangkutan kelas 12, kartu identitas diri (bisa kartu pelajar, SIM atau KTP).

Beberapa hari sebelumnya, anak saya dengan beberapa temannya sudah meninjau lokasi ujian. Jadi, pas hari H, tidak perlu lagi bertanya-tanya sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga jika harus berpacu dengan waktu.

Karena pengalaman pertama, saya pun menemaninya ke lokasi UTBK di UI Salemba. Ya, untuk menguatkan saja biar anak saya merasa ada yang mendukungnya. Anggap saja sambil mengenang masa-masa saya sering "berkeliaran" di kampus ini. Terus terang, sudah lama banget saya tidak menjejakkan kaki di sini.

"Bund, berangkat sekarang aja. Shalat Subuhnya di stasiun aja," kata anak saya sedikit gelisah.

"Tanggung Nak, sebentar lagi adzan Subuh.  Kita shalat Subuh dulu, berdoa agar lebih dimudahkan dan dilancarkan. Paling 10 menit lagi adzan," kata saya.

"Iya Kak, shalat Subuh aja dulu. Nanti Daddy antar ke stasiun. Dekat kok itu ke Cikini. Insyaallah masih terkejar. Nggak akan terlambat," timpal suami saya.

Sesudah shalat Subuh, suami pun mengantar kami ke Stasiun Citayam. Kami turun di Stasiun Cikini, lanjut naik bus TransJakarta 5M Tanah Abang - Kampung Melayu, turun di halte RSCM 2, lanjut jalan kaki ke UI Salemba. Kami berjalan kaki agak bergegas, khawatir terlambat.

Kami tiba di Gedung IASHT pukul 06.15. Masih ada waktu sekitar 30 menit lagi. Ujian dijadwalkan pukul 06.45 - 10.30 WIB. Tempat ujian di lantai 2. Di sini, para calon mahasiswa sudah duduk menunggu waktu ujian. Nama dipanggil, baru peserta masuk ruangan.

"Bagi yang pakai gesper, jam tangan, kacamata untuk dilepas, yang bawa kalkulator, handphone disimpan di tas. Nanti tasnya dititip di ruang sebelah dan ruangan di kunci," kata petugas panitia berjaket kuning menginformasikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun