Mohon tunggu...
Okti Li
Okti Li Mohon Tunggu... Freelancer - Ibu rumah tangga suka menulis dan membaca.

"Pengejar mimpi yang tak pernah tidur!" Salah satu Kompasianer Backpacker... Keluarga Petualang, Mantan TKW, Indosuara, Citizen Journalist, Tukang icip kuliner, Blogger Reporter, Backpacker,

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Rahasia Keamanan Melakukan Pendakian Bersama Anak

14 Januari 2022   15:02 Diperbarui: 14 Januari 2022   15:10 452 20 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rahasia Keamanan Melakukan Pendakian Bersama Anak. Dok pribadi

Rencana mendakinya liburan lebaran nanti, tapi persiapan packing carrier buat ke Gunung Rinjani udah dimulai dari sekarang. Jangan salah, perasaan seorang ibu itu begitu jauhnya. Hal sekecil apapun tetap diperhitungkan. Mengingat naik gunungnya selalu bersama anak, Fahmi.

Banyak yang bertanya bahaya gak bawa anak mendaki? Kalau ngomongin bahaya, jangankan mendaki, jalan biasa saja bisa kesandung kan, ya? Tapi semua bisa diminimalisir kalau direncanakan dengan matang.

Meski pendakian bersama anak ini bukan untuk pertama kalinya, tapi tetap khawatir itu ada. Selain horor covid-19 masih menghantui, cuaca ekstrem dan bencana juga harus diperhitungkan. Tidak mudah melindungi buah hati dalam trip mendaki dengan kondisi ekstrem.

Tentu saja saya dan suami memikirkan semuanya matang-matang. Kehidupan ini terus berjalan, jika tidak mengejarnya ya tertinggal. Karena penyesalan datangnya selalu di akhir, maka sejak awal kami berusaha mencari solusi terbaik untuk keamanan, keselamatan dan masa depan yang lebih baik untuk perlindungan saat pendakian.

Kondisi gunung tidak bisa diprediksi. Risiko buruk bukan sekadar mitos atau halusinasi. Fakta berkata pengalaman ketika kami mendaki gunung Kerinci pada peringatan proklamasi kemerdekaan RI tahun 2019. Teman kami Iglasias Julio Sinaga, naik bareng tapi turun sampai pos tiga kami berpisah karena selanjutnya, ia tidak bisa melanjutkan perjalanan pulang karena sakit. Ia meninggal dunia.

Proses evakuasi Iglasias. Dok pribadi. Foto lupa lagi milik siapa dari group koordinasi pendakian gunung kerinci saat itu
Proses evakuasi Iglasias. Dok pribadi. Foto lupa lagi milik siapa dari group koordinasi pendakian gunung kerinci saat itu

Kita tidak tahu yang akan terjadi. Karenanya sebelum melakukan pendakian saya dan suami selalu memastikan terkait asuransi.

Banyaknya kejadian tidak terduga, fenomena alam, kecelakaan atau tindakan kriminal pastinya menakutkan kita untuk bepergian. Tapi sebagai makhluk sosial, kita juga memiliki keterkaitan dengan berbagai urusan. Masa mau diam saja dalam kamar?

Karena itulah kami sadar bagaimana pentingnya asuransi untuk menjamin jika hal tidak diinginkan terjadi. Setidaknya jika mempersiapkan asuransi sebelum pendakian, kami lebih tenang dalam perjalanan.

Salah satu asuransi kesehatan online cepatnya maksimal yang kekinian dan cocok untuk petualang adalah Asuransi Kesehatan Online Allianz OptimAll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan