Mohon tunggu...
Tesalonika Yunta
Tesalonika Yunta Mohon Tunggu... KKN UM 2020

KKN UM 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UM 2020 Melakukan Penyuluhan Tata Cara Menghadapi Covid-19 di Desa Sidomulyo

7 Juli 2020   17:12 Diperbarui: 7 Juli 2020   17:03 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM 2020 Melakukan Penyuluhan Tata Cara Menghadapi Covid-19 di Desa Sidomulyo
Dokpri: Foto bersama buku edukasi di depan Poskesdes.

Pemerintah Jawa Timur berdasarkan hasil evaluasi menyatakan bahwa Malang Raya berhasil mengontrol penyebaran Covid-19. Terkait hal tersebut, pada 30 Mei 2020 lalu terpaut dengan kebijakan pemerintah tentang PSBB di wilayah Malang Raya termasuk Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang telah diberhentikan. 

Kini, Malang Raya sedang menjalani fase New Normal dengan melakukan aktivitas seperti biasa namun, tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan setelah memegang sesuatu, menjaga jarak sekitar 1m dengan orang lain, tidak berlama-lama berada dalam kerumunan atau keramaian.

Desa Sidomulyo yang terletak di Kec. Jabung Kab. Malang Jawa Timur merupakan salah satu desa yang tengah mempersiapkan diri untuk menjalani fase New Normal ini. Salah satu upaya untuk mendukung gebrakan fase New Normal di Desa Sidomulyo ini dengan tidak henti-hentinya memberikan pengertian kepada masyarakat, agar tetap menjaga kesehatan dan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Bentuk dukungan sebagai gebrakan fase New Normal ini, KKN Universitas Negeri Malang Reguler Edisi Covid-19 Desa Sidomulyo membuat program kerja yang selaras dengan hal tersebut. Program Kerja Buku Edukasi Covid-19 adalah salah satu program kerja KKN UM Desa Sidomulyo untuk membantu warga desa menghadapi fase New Normal ini dengan memberikan edukasi melalui buku.

Program kerja Buku Edukasi Covid-19 ini, tentunya mendapat apresiasi yang sangat baik dari Kepala Desa Sidomulyo maupun warga desa setempat. Beberapa kali tim KKN UM Desa Sidomulyo berkunjung ke desa untuk meminta izin kepada kepala desa dan berbincang dengan warga setempat. Kunjungan ke desa ini dilakukan oleh tim perwakilan 5 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Berdasarkan pengamatan, maka tim memutuskan untuk menggali potensi desa yaitu dengan memanfaatkan tanah yang subur untuk ditanami tanaman sehat yang dapat meningkatkan imun tubuh. Makanan sehat yang dituliskan di buku edukasi ini merupakan tanaman sehat yang sudah ada di desa maupun yang bisa ditanam di desa sehingga dapat meningkatkan potensi desa.

Adapun yang tertera dalam buku edukasi tersebut berisi tentang pengertian Covid-19, tata cara pencegahan Covid-19, makanan yang bergizi untuk memenuhi gizi seimbang agar meningkatkan daya tahan tubuh, ramuan herbal untuk mejaga imun tubuh, olahraga yang bisa dilakukan saat dirumah, serta peran media sosial yang dapat digunakan untuk meningkatkan potensi desa.

"Program Kerja Buku Edukasi Covid-19 ini sudah diizinkan oleh Kepala Desa Sidomulyo sehingga dapat ditindak lanjuti untuk pembuatan buku edukasinya. Pada program kerja buku edukasi ini, diharapkan dapat membantu warga desa untuk menghadapi fase New Normal. 

Oleh karena itu,  dengan memberikan pengertian kepada warga desa sehingga dapat menjalankan aktivitas seperti biasa tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Penjelasan tentang perlunya menjaga kesehatan dan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat serta berolahraga secara teratur terangkum dalam buku edukasi ini." ujar koordinator tim KKN UM Desa Sidomulyo.

Selain membuat Buku Edukasi Covid-19, tim KKN UM Desa Sidomulyo juga turut memasang banner dibeberapa titik agar warga setempat yang tidak sempat membaca buku juga dapat membaca melalui banner yang telah dipasang.

VIDEO PILIHAN