Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Konsep Unik Sosialisasi Pemilu untuk Masyarakat Marginal Kampung Pemulung Sidomulyo

25 Desember 2018   18:13 Diperbarui: 25 Desember 2018   18:23 236 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsep Unik Sosialisasi Pemilu untuk Masyarakat Marginal Kampung Pemulung Sidomulyo
anak-anak Kampung Sidomulyo sedang mengikuti lomba mewarnai maskot pemilu (doc.pribadi)

Malang -- Pada 16 Desember 2018 warga Kampung Pemulung Sidomulyo terlihat antusias mengikuti lomba yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi pemilu oleh KPU Kota Malang yang bekerjasama dengan Diwangsa PR, mahasiswa praktikan Public Relations Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Kali ini, sosialisasi dikemas secara berbeda melalui tiga kegaiatan dalam satu tema yaitu "Sidomulyo Melu Pemilu". Kegiatan yang diadakan di Kampung Sidomulyo RW 07 Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun ini terdiri dari tiga rangkaian acara, yakni lomba mewarnai maskot pemilu, lomba cerdas pemilu dan gebyar pemilu.

Pukul 09.00 WIB sekitar 40 anak berkumpul untuk berpartisipasi dalam lomba mewarnai maskot pemilu. Selanjutnya, pada siang hari diadakan lomba cerdas pemilu yang diikuti oleh tim perwakilan dari 9 yang tiap tim terdiri dari 3 orang. Penonton menyoraki peserta yang berusaha mencari jawaban dalam karung dengan menggunakan bakiak. Jawaban yang berhasil ditempel pada papan kemudian di evaluasi oleh PPS Tanjungrejo secara langsung.

Suasana lomba cerdas pemilu. (docs. pribadi)
Suasana lomba cerdas pemilu. (docs. pribadi)
"Kami cari cara bagaimana pemilu dipahami tidak hanya perihal coblos menyoblos saja, melainkan agar mereka memahami bahwa suara mereka turut menentukan masa depan bangsa, dan kegiatan ini kami kemas dengan cara yang menghibur agar mudah diserap dan diterima, karena jika memakai cara yang konvensional warga akan merasa bosan karena tidak terciptanya suatu kedekatan dan keseruan"  Kata Teria sebagai ketua pelaksana.

Sebagai penutup acara, setelah isya' diadakan pembagian hadiah keada para pemenang pada acara Gebyar Pemilu. Selain itu disusul dengan penampilan drama parodi dari Budi Ayuga Art Performance,  dan beberapa penampilan dari warga Sidomulyo.

Pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. (docs. pribadi)
Pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. (docs. pribadi)
Penampilan drama parodi oleh Budi Ayuga Art Performance. (docs. pribadi)
Penampilan drama parodi oleh Budi Ayuga Art Performance. (docs. pribadi)
"Mari kita sama-sama menciptakan pemilu yang sehat dengan meghindari money politic, tetap menjaga kerukunan meskipun berbeda pilihan" Kata Didek selaku ketua RW pada sambutan yang cukup menarik perhatian.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan SDM Ashari Husen menyampaikan bahwa acara tersebut memberikan efek lain yaitu terwujudnya kedekatan secara emosional antara para perangakat desa maupun panitia pemilu dengan warga Kampung Sidomulyo.

Acara ini berakhir dengan sukses dengan harapan bahwa pemahaman masyarakat tentang pemilu semakin meningkat dan menggunakan hak konstitusi  dengan sebaik mungkin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x