Mohon tunggu...
Khulfi M Khalwani
Khulfi M Khalwani Mohon Tunggu... Freelancer - Care and Respect ^^

Backpacker dan penggiat wisata alam bebas... Orang yang mencintai hutan dan masyarakatnya... Pemerhati lingkungan hidup... Suporter Timnas Indonesia... ^^

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Warna-warni Kampung Yoboi, Kampung Terapung di Danau Sentani, Papua

12 Januari 2022   17:42 Diperbarui: 13 Januari 2022   19:23 1408 14 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mengunjungi kampung Yoboi adalah pengalaman tak terlupakan bagi saya di penghujung Tahun 2021. Kampung ini terletak di atas danau Sentani, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura - Papua

Sekilas kampung ini seperti pemukiman  yang terapung di atas danau, namun memang demikian adanya. Lokasinya berada di pinggir danau Sentani dan bersandingan langsung dengan hamparan hutan sagu.

Foto pribadi
Foto pribadi
Untuk menuju kampung ini harus menggunakan perahu speedboat atau sampan mesin dari dermaga. Lokasi dermaga Sentani tidak jauh dari bandar udara. Bahkan beberapa minggu sebelum saya berkunjung ke kampung ini, Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Uno sudah lebih dulu kesini dan menobatkan Kampung Yoboi untuk mendapatkan anugerah desa wisata Indonesia.

Foto pribadi
Foto pribadi
Hanya memerlukan waktu 15-20 menit dari dermaga, merasakan sensasi mengarungi danau terbesar di Papua ini. Pemandangan perbukitan Teletubbies, langit biru yang benderang, aktivitas nelayan dan ramah senyum masyarakat Papua akan menjadi bumbu pelengkap dari perjalanan. Lalu anda akan sampai di perkampungan yang hampir 100% bangunanya berada di atas danau.

Foto pribadi
Foto pribadi

Unik dan memukau. Hampir seluruh bangunan penuh dengan warna-warni. Tangga, lantai kayu, dinding rumah, jalanan kayu, dan semua atribut penghias kampung penuh dengan warna-warni yang mencerahkan mata seperti Pelangi. 

Banyak spot yang istagramable disini. Berswafoto bersama dengan latar warna-warni kampung dan atau pemdangan danau Sentani adalah menu wajib yang harus dinikmati saat perahu anda baru bersandar di kampung ini.

Foto pribadi
Foto pribadi
Rumah-rumah di kampung Yoboi terbuat dari papan-papan kayu dan dihiasi dengan cat warna-warni. Sebagian besar memiliki pot tanaman atau kebun berupa bak yang penuh dengan tanaman sayur mayur dan bumbu dapur.

Melihat kebun-kebun di pot atau bak di depan rumah-rumah warga kampung Yoboi membuat saya seketika ingat akan film WATERWORLD. Sebuah film Sains Fiksi  yang dibintangi oleh Kevin Costner. Film yang berkisah tentang masa depan, dimana es kutub telah mencair, dan Bumi seluruhnya dilapisi oleh air.

Foto pribadi
Foto pribadi

Foto pribadi
Foto pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan