Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Sekretaris - Pegawai Negeri Sipil

Pro Deo et Patria

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Peran Makanan dalam Kiprah Pelayanan PPWG GBKP Memasuki Masa Endemi

19 November 2021   18:01 Diperbarui: 19 November 2021   18:46 235 27 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ikan mas arsik buatan PPWG GBKP (Dok. Pribadi) 

Sudah umum diketahui bahwa makanan berfungsi penting bagi manusia untuk bisa bertahan hidup. Kebenaran akan hal ini tampak nyata dalam makna yang sebenarnya melalui hari-hari pelayanan Pusat Pembinaan Warga Gereja (PPWG) Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) selama pandemi global Covid-19 sejak Maret tahun 2020 yang lalu.

Sekilas tentang PPWG GBKP

Awal berdirinya PPWG GBKP adalah hasil kerja sama GBKP dengan salah satu organisasi misionaris terbesar di Jerman bernama Rheinische Mission Gesellchaft (RMG) atau dalam bahasa Inggris, Rhenish Missionary Society. Kata "Rheinische" di sini mengacu kepada nama sungai Rhein di Jerman.

RMG didirikan sejak tahun 1799 di mana pada awalnya terbentuk dari misi-misi yang lebih kecil, yang merupakan penyatuan tiga persatuan misi penginjilan di Elberfeld, Barmen dan Koln. Pada 23 September 1828 ditahbiskan misionaris pertama, yang kemudian diutus ke Afrika Selatan pada akhir tahun 1828.

Selanjutnya, RMG juga mengirimkan sejumlah misionaris ke beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Sumatra dan Kalimantan yang dikenal sebagai "Zending Barmen". Organisasi ini bertahan sampai tahun 1971, kemudian berubah nama menjadi "Vereinte Evangelische Mission" atau dikenal juga dengan nama "United Evangelical Mission."

Pada masa-masa awal berdirinya, PPWG GBKP lebih dikenal dengan sebutan "zentrum" (bhs. Jerman, yang berarti pusat), karena fungsi PPWG GBKP sebagai pusat pendidikan. Dalam perjalanan waktu seiring dengan perubahan struktur badan pekerja yang ada di GBKP, PPWG GBKP pernah menjadi bagian unit persekutuan, hingga kemudian menjadi bagian unit pembinaan dan bidang usaha sebagai salah satu sumber pendanaan GBKP.

Gedung PPWG GBKP yang dikenal juga sebagai gedung zentrum adalah bangunan kokoh yang menampilkan ciri bangunan-bangunan bergaya Eropa. Antara lain bentuk selasar dengan atap genteng dan lantai tegel yang masih bertahan hingga saat ini, daun-daun jendela yang lebar, pintu yang tinggi, dan cerobong asap yang khas.

Bangunan PPWG GBKP (Dok. Pribadi)
Bangunan PPWG GBKP (Dok. Pribadi)

Selasar pada bangunan PPWG GBKP (Dok. Pribadi)
Selasar pada bangunan PPWG GBKP (Dok. Pribadi)

Kamar bangsal pada bangunan PPWG GBKP (Dok. Pribadi)
Kamar bangsal pada bangunan PPWG GBKP (Dok. Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan