Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

https://www.youtube.com/channel/UC23hqkOw50KW12-6OHvnbQA

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

6 Kiat Membuat Rak Bunga Penghias Rumah dengan Biaya Murah

28 September 2020   00:41 Diperbarui: 28 September 2020   19:27 791 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Kiat Membuat Rak Bunga Penghias Rumah dengan Biaya Murah
Rak bunga penghias rumah (Dokumentasi pribadi)

Kegemaran merawat berbagai jenis tanaman hias guna penghias rumah dewasa ini, tentu saja berhubungan dengan bertambahnya jumlah pengeluaran, tidak saja untuk membeli bibit bunga, tapi juga untuk membeli berbagai pernak pernik guna memperindah tanaman hias.

Pernak-pernik itu, antara lain berupa pot bunga, dan rak bunga, baik dari plastik, kayu, mapun besi. Bagi sebagian orang yang mampu mungkin tidak masalah, cukup hanya dengan membeli barang jadi.

Bagaimanapun juga, pasti ada kebutuhan lain yang lebih penting dan mendesak untuk didahulukan dalam rumah tangga. Sementara itu, ditambah dengan berbagai kendala pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini, tidak sedikit kita yang pendapatannya semakin terancam.

Namun, bukan tidak mungkin untuk kita bisa melakukan penyesuaian, agar tetap bisa menghidupi hobi, tanpa harus mengorbankan kebutuhan yang paling penting dan mendesak, terutama kesehatan dan pendidikan anak-anak.

Berikut ini, saya akan membagikan 6 kiat yang berasal dari pengalaman pribadi, tentang cara membuat rak bunga penghias rumah dari bahan kayu dengan biaya murah. Tetap tidak kalah unik dibandingkan hasil kerajinan rumahan maupun pabrikan yang banyak dipasarkan, untuk digunakan sendiri. Markicek, mari kita cek.

1. Pergunakan kayu bekas

Sebenarnya, bahan untuk membuat rak bunga ada berbagai jenis selain kayu bekas, seperti plastik dan besi. Namun, untuk mengerjakan bahan dari kayu bekas relatif lebih murah. Selain itu, kayu relatif lebih mudah dibentuk dan lebih unik.

Seringkali, kita memandang kayu-kayu bekas sebagai bahan-bahan yang sudah tidak berguna selain dijadikan kayu bakar. Di desa-desa pada umumnya, kayu-kayu bekas dipakai sebagai kayu bakar untuk memasak makanan sehari-hari di rumah tangga, maupun untuk memasak makanan ternak.

Padahal, ada manfaat lain dari kebiasaan menyimpan berbagai jenis dan ukuran kayu bekas, selain untuk kayu bakar. Dengan sedikit imajinasi dan kreasi, kayu bekas berbagai jenis dan ukuran bisa dibentuk menjadi rak bunga yang cantik dan unik.

Rak bunga sederhana berbahan kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Rak bunga sederhana berbahan kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Hasil akhir rak bunga sederhana berbahan kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Hasil akhir rak bunga sederhana berbahan kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Membuat rak bunga dari kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Membuat rak bunga dari kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Memperhalus permukaan kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
Memperhalus permukaan kayu bekas (Dokumentasi pribadi)
2. Cari inspirasi dari berbagai sumber untuk membuat kreasi rak kayu

Sudah bukan rahasia lagi saat sekarang ini, bahwa hampir semua hal kini bisa dipelajari dari internet. Dalam kaitan ini, sudah jelas bahwa walaupun kita akan membuat rak bunga dari bahan kayu bekas, bukan berarti kreasi ini bebas biaya sama sekali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x