Mohon tunggu...
Temmy Megananda
Temmy Megananda Mohon Tunggu... masyarakat milenial bandung

Manusia biasa yang suka JKT48

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Sudah Siapkah Pertamina untuk Transaksi Nontunai? (Bagian 2)

11 Maret 2020   15:54 Diperbarui: 11 Maret 2020   16:19 49 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Siapkah Pertamina untuk Transaksi Nontunai? (Bagian 2)
Promotor aplikasi MyPertamina. Foto : Twitter @pertamina

Pengalaman kurang menyenangkan saya saat mencoba mengisi bahan bakar di beberapa SPBU di kawasan Bandung Timur menggunakan Uang Elektronik nampaknya mendapat perhatian yang cukup serius dari Pertamina.

Beberapa waktu lalu setelah melakukan penelusuran serta pengkroscekan di lapangan memang banyak ditemukan SPBU yang tidak siap atas pemberlakuan aturan terbaru ini. Padahal, sebuah rencana besar Pertamina di tahun ini untuk membuat para pelanggannya beralih dari uang tunai menjadi non tunai menggunakan LinkAja dan juga aplikasi MyPertamina.

Lihat Juga: Sudah Siapkah Pertamina Untuk Transaksi Non Tunai?

Pertamina sendiri bahkan mengadakan program berhadiah bagi para pelanggan setianya yang membayar dengan menggunakan aplikasi MyPertamina berdasarkan sistem Poin dari setiap transaksi yang dilakukan. Tentu sebuah tawaran yang menggiurkan bukan? namun hal tersebut beberapa kali harus tersendat karena kurang siapnya pihak SPBU untuk melakukan opsi pembayaran ini.

Setelah dilakukan komplain melalui Twitter, Pertamina langsung bergegas dalam menanggapi keluhan ini. Tak butuh waktu lama, beberapa minggu kemudian sebagian SPBU bahkan melengkapi keterangan dengan menambahkan tulisan "Menerima Pembayaran Dengan LinkAja". di beberapa SPBU yang berada di kawasan bandung timur.

Hingga hari ini (11/3/2020) hampir seluruh SPBU yang berada di kawasan Bandung Timur sudah dapat menerima transaksi menggunakan LinkAja dan juga MyPertamina. Pihak Pertamina bahkan melakukan konfirmasi melalui sambungan telepon hari ini (9/3/2020).

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya, memang waktu itu ada kendala pada jaringan seluler nya" tutur Pak Aip yang mewakili Pertamina untuk wilayah Bandung Soekarno-Hatta. Memang masalah jaringan seluler merupakan salah satu kendala utama dalam menyediakan opsi pembayaran yang kian populer tersebut. Namun Pertamina tentu akan berusaha keras agar rencana besarnya di tahun 2020 ini bisa terwujud dengan sempurna.

KEUNGGULAN TRANSAKSI NON-TUNAI

Saat ini pembayaran dengan opsi Non-tunai memang tengah digandrungi oleh masyarakat. Mulai dari jajan di Mall, bahkan hingga belanja di supermarket sudah bisa menggunakan opsi pembayaran ini. Dalam bidang usaha pengisian bahan bakar minyak, sudah ada Shell yang telah menerima opsi pembayaran non-tunai sejak tahun 2019.

Transaksi non-tunai memiliki keunggulan dimana pelanggan tak harus repot-repot membawa uang tunai untuk membayar transaksinya. Belum lagi apabila menerima uang kembalian yang jumlahnya dalam pecahan uang logam, tentu akan sangat merepotkan dalam urusan penyimpanannya. Bila melakukan transaksi menggunakan pilihan Non-Tunai, tentu masalah uang kembalian yang berceceran akan tidak ada dan uang kembalian yang kita terima sesuai dengan apa yang kita bayar.

SPBU Pertamina sudah terapkan sistem pembayaran cashless menggunakan LinkAja (Foto: Indopolitika)
SPBU Pertamina sudah terapkan sistem pembayaran cashless menggunakan LinkAja (Foto: Indopolitika)
Bagi Pertamina tentu opsi pembayaran non-tunai akan sangat membantu khususnya bagi para pekerja SPBU yang harus selalu memegang uang tunai dalam jumlah banyak ditangan, tentu sangat merepotkan bila harus memegang uang tunai dan memegang selang bensin secara bersamaan, kehadiran pilihan non-tunai tentu akan sangat memudahkan petugas SPBU dan tentunya pendapatan yang diterima sesuai dengan penjualan yang dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN