Mohon tunggu...
Muhammad Rosyid Ridlo
Muhammad Rosyid Ridlo Mohon Tunggu... Freelancer - Barang siapa menanam maka ia akan menuai

Menulis karena ingin belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

"Live Role Model", Unsur Utama Guru yang Nyaris Terabaikan

29 November 2021   10:28 Diperbarui: 29 November 2021   10:53 114 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. sumber gambar :pribadi

Di sekolah, guru bagaikan orang tua bagi siswa. Segala bentuk permasalahan yang terjadi di sekolah menjadi tanggung jawab guru sepenuhnya. Semakin nyaman dan kondusif sekolah tersebut tentu semakin sedikit permasalahan yang akan timbul.

Segala jenis bentuk permasalahan yang terjadi di sekolah bisa muncul dari banyak sebab antara lain ; dari siswa, guru dan dari lingkungan sekolah tersebut.

Tentu membutuhkan sikap yang baik dan bijaksana dalam menyikapi segala bentuk permasalahan yang terjadi karena sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan jangan sampai kehilangan muka bahkan jati diri sebagai tonggak pembentukan manusia yang cerdas dan budiman.

Siswa  sebagai seorang pembelajar tentu berharap mendapatkan contoh yang baik dari para gurunya, karena dari siapa jika bukan dari para guru mereka mendapat pendidikan selama di sekolah, maka benar istilah guru kencing berdiri murid kencing berlari karena guru sebagai live role model atau contoh hidup bagi mereka.

Maka bisa dikatakan guru itu sendiri adalah modal penting dari sebuah pendidikan, semakin baik dan bagusnya seorang guru tentu akan menjadi modal penting bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Guru sebagai live role model sudah seharusnya berhati hati dalam setiap ucapan dan perbuatan, karena setiap tindak tanduknya akan diamati oleh para siswa bahkan ketika berada diluar sekolah. Hal ini menjadi sebuah peringatan bagi guru sebagai seorang pendidik karena jangan sampai contoh yang kurang baik yang mereka sajikan di depan siswa siswinya.

Menjadi sebuah statement yang salah jika ada yang berujar bahwa menjadi guru adalah sebuah tugas atau profesi yang mudah, terasa naif bagi mereka yang berujar demikian karena mungkin mereka belum pernah menjadi guru atau mungkin belum pernah menjadi guru sepenuhnya. 

Pertama  menjalankan tupoksi utama yaitu mencerdaskan anak bangsa guru juga masih harus mengerjakan hal-hal yeng berhubungan dengan administrasi, kedua menjadi guru berarti juga mendidik diri sendiri, ketiga menjadi guru adalah sebuah amanah yang tidak ringan.

Akhir kalimat semoga bagi semua guru diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menjalankan amanah yang tidak ringan, diberikan kemampuan untuk mendidik siswa siswinya sehingga menjadi insan yang berarti. Dan selalu ingat bahwa sebagai pendidik telah melekat pada diri mereka sebuah predikat "live role model".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan