Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Non Formal

Tinggal di Bandung. Menyukai bidang politik, sosial dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menakar Kepemimpinan Ridwan Kamil, Adakah Kapasitasnya Maju Pilpres 2024?

14 November 2022   19:20 Diperbarui: 14 November 2022   19:23 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Photo: https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/megapolitan/read/2022/09/28/22292341/ridwan-kamil-jawa-barat-pal

Selama memuncaki jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil, dinilai telah mampu membawa perubahan bagi Jabar. 

Sejumlah apresiasi ia terima hasil dari kinerja dan capaian prestasi mengagumkan sepanjang karir kepemimpinannya.

Sejak terpilih sebagai Gubernur pada pemilu gubernur dan wakil gubernur (pilgub) 2018, Kang Emil langsung tancap gas dengan sejumlah terobosan program khas. 

Mengususng tema besar kolaburasi dan kepemimpinan partisipatif, Kang Emil berhasil mengumpulkan sejumlah masukan ide, gagasan dan pemikiran dari berbagai elemen masyarakat yang memiliki perhatian kepada pembangunan Jabar.

Terkumpulnya berbagai gagasan program itu, setidaknya mampu menggerakan inisiatif sejumlah relawan yang selama ini mendukung proses Pilgub Jabar hingga dirinya terpilih menjadi Gubernur masa jabatan 2018-2023.  

Selain itu, ide program menjadi inspirasi kinerja aparatur yang mendampingi kerja-kerja kepemimpinannya di gedung pemerintahan dan lingkungan masyarakat secara langsung.

Baik relawan maupun aparatur, bagi Kang Emil kehadiran kelompok partisipasi itu memiliki tugas bersama sebagai suatu kesatuan mengawal berbagai macam aspirasi dan merealisasikannya dalam bentuk-bentuk kerja nyata serta optimalisasi berbagai bentuk capaian dari program yang dicanangkan.

Lantas seperti apa bentuk capaian Kang Emil tersebut dari waktu ke waktu selama masa kepemimpinannya bergulir?

Kelompok Relawan Jabar Bersatu melalui salah satu unsur pimpinannya tingkat Dewan Pimpinan Daerah wilayah 4 (DPD) Jabar Bersatu, Sirun Wartono, dalam kegiatan konsolidasai relawan Jabar Bersatu di Bandung baru-baru ini, mencatatkan bahwa Kang Emil mampu memainkan peran yang vital menggerakkan pengikutnya dalam melakukan proses adaptasi atas sejumlah tuntutan perubahan di tengah-tengah masyarakat.  

Perubahan itulah yang kemudian dirasa oleh banyak pihak mampu mendorong Jabar kepada arah baru pembangunan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun