Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Penulis - Tutor

Praktisi sosial budaya dan literasi masyarakat. Tutor PKBM Sukamulya. Alumni FISIP Universitas Al-Ghifari. Tinggal di Bandung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Langka Se-Indonesia, Semangat Perjuangan Rukun Warga 04 Sukamulya

17 Agustus 2022   10:57 Diperbarui: 19 Agustus 2022   10:21 179 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Amanat pendahulu bangsa meniscayakan generasi penerus hidup lebih baik hingga capaian-capaian pembangunannya yang lebih maju.

Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno atau Bung Karno telah menegaskan bahwa perjuangan bangsa saat ini sudah dipastikan akan lebih berat dibanding masa  perjuangan era Bung Karno.

Perjuangan bangsa terdahulu adalah perjuangan melawan penjajah sementara perjuangan bangsa saat ini adalah melawan bangsanya sendiri.

Persoalan yang dihadapi bangsa saat ini berupa tantangan persoalan sosial, ekonomi, politik, budaya dan segala sektor penting bangsa lainnya.

Perjuangan panjang generasi penerus bangsa, yaitu, melanjutkan segenap semangat pendahulu bagi kelangsungan bangsa yang abadi.

Hal disampaikan oleh Ketua Rukun Warga (RW) 04 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung, H. Ubun Iswandi saat menyampaikan sambutan dan amanat upacara, bertindak sebagai Pembina upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tingkat RW setempat.

Suatu perhelatan langka, kegiatan peringatan hari kemerdekaan RI dilingkungan terkecil masyarakat yaitu tingkat RW.

Ini bukti nyata bahwa nilai-nilai semangat perjuangan bangsa masih terpelihara.

Penanaman nilai-nilai perjuangan bangsa ini pun terselenggara secara penuh bersama berbagai elemen masyarakat ditingkat RW mulai dari jajaran tokoh masyarakat, penggerak PKK, Komunitas literasi, pelajar berbagai jenjang pendidikan dan tanpa ketinggalan adalah pemuda penggerak kegitan sosial kemasyrakatan dan Karang Taruna.

Semua penggerak kegiatan ini ditopang oleh potensi RW yang ada. Sangat membanggakan melihat perhelatan perayaan peringatan hari kemerdekaan kali ini sebab seluruh petugas upacara secara lengkap berasal dari warga sendiri.

Pemimpin upacaranya pun dilaksanakan oleh H. Dargawan yang juga sebagai sekretaris RW 04. Sosok sesepuh dengan kepiawaiannya memimpin upacara dengan suara lantang memimpin upacara hingga acara usai. Begitu pun petugas upacara lainnya berasal dari elemen warga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan