Mohon tunggu...
Tegar Rifqiaulian
Tegar Rifqiaulian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mempersiapkan Ujian, tapi Tergantung Ujiannya?

1 November 2022   18:45 Diperbarui: 1 November 2022   18:55 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ujian (pixabay.com)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan ujian tergantung pada pribadi masing-masing, tapi bagaimana jika mempersiapkan ujian tergantung ujiannya?

Ujian terdiri dari berbagai macam, diantaranya ulangan harian, ujian praktek, ujian kelulusan, ujian masuk universitas, dan sebagainya. Bahkan, saat pandemi Corona berlangsung, pelajar dan mahasiswa menjadi terbiasa dengan ujian daring sebagai pengganti ujian luring. Dengan begitu, persiapannya pun tentu bermacam-macam.

Mulai dari ulangan harian, bagaimana caramu mempersiapkan ujian tersebut? Kelebihan dari ulangan harian adalah kamu hanya perlu fokus pada satu atau beberapa (tidak banyak) bab saja. 

Dengan begitu, kamu dapat belajar lebih mendalam mengenai bab tersebut. Terlebih lagi, biasanya pelajar tidak punya terlalu banyak gambaran soal dalam menghadapi ulangan harian sehingga perlu banyak membaca. Cara lainnya tentu dengan membaca dan mengingat poin-poin penting dalam bab tersebut terlebih jika tidak punya cukup waktu untuk membaca secara penuh.

Setelah ulangan harian, biasanya pelajar sudah punya gambaran mengenai soal-soal yang akan dikeluarkan saat ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. 

Selain mempelajari kembali bab yang akan diujikan, kamu dapat melihat-lihat kembali hasil ulangan harian sebelumnya. Kalau ada jawaban yang salah, bisa dicari pula jawaban benarnya. Dalam hal ini, kamu bisa bertanya kepada teman yang pintar di kelasmu.

Bagaimana dengan ujian praktek? Tidak jauh berbeda dengan ulangan harian, kamu hanya perlu fokus dengan apa yang akan diujikan dalam ujian praktek. Mungkin kamu perlu belajar materi yang berhubungan dengan praktek untuk memantapkan hasil praktekmu.

Ujian kelulusan dan ujian masuk universitas mungkin terlihat sulit bagi beberapa orang. Tapi tenang saja, banyak sumber belajar yang menyediakan materi dan soal-soal yang akan membantumu dalam mempersiapkan ujian tersebut.

Dengan mengerjakan soal-soal, kamu dapat menentukan materi yang sering keluar dan menghemat waktumu dalam mempelajari materi yang banyak. 

Selain itu, ikuti tes simulasi juga bagus untuk mengetahui pencapaian kemampuanmu. Sisanya kamu perlu meningkatkan semangatmu dalam belajar. Kamu dapat bertanya kepada guru atau teman jika ada materi yang tidak dimengerti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun