Mohon tunggu...
Tegar Rifqiaulian
Tegar Rifqiaulian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Negeri Jakarta

Suka menulis berkaitan dengan Jepang

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tidak Hanya Belajar Daring, Manfaat Internet Dulu, Kini, dan Nanti

5 Juli 2022   17:50 Diperbarui: 5 Juli 2022   17:59 91 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi internet (Pixabay.com)

Ketika berbicara tentang internet, kamu pasti setuju bahwa saat ini kita tidak dapat lepas dari internet, terutama sejak pembelajaran daring di rumah. Namun, sebenarnya kita sudah merasakan manfaat internet sejak lama, termasuk penulis sendiri.

Dulu tidak semua orang memiliki koneksi internet, sehingga beberapa orang memilih pergi ke warnet atau warung internet. Biasanya orang pergi ke warnet untuk menyelesaikan tugas sekolah. Hal ini dikarenakan berbagai informasi dan media yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Ada pula yang menggunakan internet untuk bermain game online. Ada banyak game online yang tersedia di internet dan dapat dimainkan secara gratis. Selain itu, game online juga memiliki keseruannya tersendiri.

Beberapa orang juga memanfaatkan internet untuk menonton video. Situs web tertentu memiliki banyak pilihan video dan dapat disesuaikan dengan kegemaran dan minat dari orang yang menonton.

Seiring dengan perkembangan sosial media, makin banyak orang menggunakan internet untuk berhubungan dengan teman-teman termasuk penulis. Dengan adanya sosial media, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke rumah teman hanya untuk menanyakan tugas rumah. Komunikasi jarak jauh pun menjadi semakin mudah.

Makin lama, internet menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Para pelajar membuat makalah dengan memuat informasi dari internet. Begitu pula dengan tugas presentasi yang materinya kebanyakan dari internet. Bahkan, daftar masuk sekolah pun sudah memanfaatkan internet.

Pembelajaran daring membuat penggunaan internet semakin intens. Belajar daring, ujian daring, dan seminar daring mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi para pelajar yang merasakannya tidak terkecuali penulis sendiri.

Bahkan, penulis dapat merasakan berbagai kegiatan seru bersama teman-teman dengan memanfaatkan internet. Pemanfaatan internet juga tidak menutup kemungkinan bagi seseorang untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai negara.

Penggunaan internet yang intens tersebut makin dirasakan ketika seluruh anggota keluarga memanfaatkannya dalam waktu yang bersamaan. Ibu biasa memanfaatkan internet untuk mencari resep. Sementara yang lain, menikmati berbagai konten hiburan di internet. Ada pula yang memanfaatkan internet untuk meningkatkan kreativitas, seperti membuat konten menggunakan berbagai aplikasi.

Hampir setiap orang mempunyai ponsel pintar masing-masing sehingga kebutuhan dan urgensi akan internet dalam satu rumah menjadi semakin besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan