Mohon tunggu...
Tazkiya Nafsah
Tazkiya Nafsah Mohon Tunggu... Mahasiswa - hai!

Happy thoughts

Selanjutnya

Tutup

Digital

Transformasi Media Pembelajaran Kuliah Daring di Unisa Yogyakarta

26 Januari 2022   22:05 Diperbarui: 26 Januari 2022   22:20 98 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sejak tanggal 2 Maret 2020 mengumumkan adanya virus corona di Indonesia. Berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Negara Indonesia untuk menekan penyebaran virus tersebut salah satunya Work From Home (WFH). Dampak dari adanya virus corona ini tentu telah menghambat seluruh kegiatan dari semua lapisan masyarkat. Sebagai mahasiswa juga mendapat dampak dari pandemi ini seperti yang diterangkan pada surat edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan yang mengharuskan mahasiswa melakukan kegiatan perkuliahan secara daring (online) di rumah masing-masing.

Universitas 'Asyiyah Yogyakarta merupakan salah saniversitas ‘Asyiyah Yogyakartatu kampus di Yogyakarta yang menerapkan perkuliahan secara daring. Sistem perkuliahan dilakukan melalui perangkat pribadi atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Beberapa platform yang digunakan Unisa dalam perkuliahan daring ini antara lain WhatsApp (WA), instagram, zoom, google meet, ataupun E-Learning Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Dengan demikian mahasiswa dapat melakukan perkuliahan secara bersamaan meskipun tidak dengan tatap muka secara langsung dan dengan perbedaan tempat serta waktu tiap-tiap daerah.

Selain dimanfaatkan untuk perkuliahan daring, platform media sosial juga bisa digunakan untuk mahasiswa dalam mengekspresikan diri. Media sosial sangat memungkinkan untuk mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk antara lain membuat blog, artikel individu, video, dan lain sebagainya. Dalam pengekspresian diri ini sangatlah berhubungan dengan tugas- tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah.

Kondisi pandemi saat ini memang memberikan dampak yang luar biasa khususnya pada bidang pendidikan. Seluruh elemen bidang pendidikan dari berbagai jenjang pendidikan seolah dipaksa untuk bisa bertransformasi dan beradaptasi dalam melakukan pembelajaran daring (online) dengan pemanfaatan berbagai platform yang telah tersedia.

Pola pikir mahasiswa yang kritis dan selalu kreatif dapat mendukung keberhasilan diterapkannya perkuliahan daring, sehingga menghasilkan capaian perkuliahan yang diharapkan. Kepahaman mahasiswa dalam menggunakan platform media perkuliahan daring juga sangat berpengaruh dalam masa pandemi ini. Di Universitas ‘Asyiyah Yogyakarta seluruh mahasiswa baru tahun 2021/2022 telah dibimbing dalam penggunaan E-Learning Universitas ‘Asyiyah Yogyakarta atau Lensa Unisa pada saat masa ta’aruf mahasiswa baru, sehingga saat perkuliahan daring berlangsung mahasiswa sudah paham dalam menggunakan platform perkuliahan daring tersebut.

Masa pandemi Covid-19 dapat dikatakan sebagai peluang besar dalam bidang pendidikan Indonesia. Perkuliahan secara daring (online) ini termasuk dalam pemanfaatan teknologi seiring dengan era industri 4.0. Harapan untuk pendidikan Indonesia kedepannya tetap melaksanakan perkuliahan maupun pembelajaran dengan menggunakan sistem teknologi yang maju dan menjadi terbiasa dengan kemajuan teknologi yang selalu berkembang tiap tahunnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan