Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Konsultan - Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : RUBI (Ruang Belajar dan Inspirasi) email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Ini 3 Sikap Sukses yang Harus Dimiliki Anak Magang

31 Oktober 2021   10:12 Diperbarui: 2 November 2021   04:45 1380 37 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa magang. (sumber: Dok. Pixabay via kompas.com)

Tempat magang sesungguhnya adalah tempat yang menyenangkan. Ya, minimal itu yang saya rasakan dulu. Lalu apakah ada yang tidak menganggapnya menyenangkan? Banyak. Jangan-jangan salah limanya adalah teman Anda (atau Anda) yang sedang membaca tulisan ini.

Tapi tenang saja. Semua itu adalah proses pembelajaran yang sangat berharga. Aih, minimal itulah secarik nasihat yang sering kita dengar dari siapa saja ketika memberi nasihat anak magang. 

Tentu itu taksalah alias benar bin tepat. Tapi tahukah Anda, sesungguhnya apa yang membuat perasaan dan sikap orang berbeda dalam menyikapi magangnya? 

Ada yang bahagia dan ada yang takut, ada yang senang dan ada yang merasa lelah dan lain sebagainya. Ternyata, salah satunya ada di sikap individu yang sedang magang itu.

Kali ini, mari kita lihat 3 sikap sukses yang seharusnya dimiliki anak magang di manapun dia berada. Baiklah, markililede (mari kita lihat lebih dekat).

1. Sikap "Serve"

Ketika menjadi anak magang dulu, sikap ini selalu saya bawa. Bahkan, sampai sekarangpun masih rutin saya bawa ke mana-mana, hahaha. Ya, kalau mau sukses di tempat magang, punyalah sifat melayani. 

Ingat, di dalam salah satu buku saya yang berjudul "The New You", saya bahkan membuat bab khusus yang membahas tentang lingkungan yang pasti selalu mengamati gerak-gerik kita.

Ingat, meskipun seolah-olah lingkungan itu acuh, sesungguhnya ia sangat peduli dan bahkan sangat teliti mengamati kita. Kalau kita sebagai anak magang punya sikap melayani, jangan-jangan setelah selesai magang Anda punya peluang untuk ditawari bekerja di tempat itu. 

Ya, minimal itu yang pernah saya alami dulu. Jadi, jangan tolak dan bantah apa yang mereka minta (selagi dalam hal yang positif). Lakukan saja dengan senang dan bahagia. Ingat, lingkungan akan memperhatikanmu, teman.

2. Sikap "Berani"

Masih di seputar tempat magang saya dulu. Pada saat itu, saya diminta pimpinan unit tempat magang tersebut untuk dimentori oleh seorang wanita muda yang cerdas dan belum lama lulus kuliah papan atas di Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan