Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

"Goals Mapping", Cara Mudah Menentukan Tujuan Hidup

14 Februari 2021   16:54 Diperbarui: 16 Februari 2021   19:00 815 46 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Goals Mapping", Cara Mudah Menentukan Tujuan Hidup
ilustrasi menyusun rencana. (sumber: pixabay.com/StockSnap)

Sudah pertengahan bulan dua, masih adakah di antara kita yang belum tahu apa yang menjadi fokus untuk dikerjakannya tahun ini? Kalau belum, maka kata yang sering diucapkan bung Rhoma, mungkin cocok kita alamatkan kepadanya, Ter..la..lu...

Tapi benarkah membuat goal atau resolusi dan sejenisnya itu penting? Jawabnya kembali berpulang ke diri masing-masing. Tidak ada undang-undangnya. Tidak ada aturan bakunya. Semuanya ter...se....rah... Anda.

Beberapa waktu yang lalu, sebuah pesan dari seorang teman masuk dan kembali menanyakan tentang bagaimana cara mudahnya untuk membuat "peta" atau tujuan yang ingin kita capai, agar kita tidak tersesat di jalan. 

Nah, mencoba menjawab pertanyaan itu, sebaiknya sekalian saya ingatkan kembali saja tentang "goal mapping" yang harapannya tidak hanya dapat membantu teman tadi, tapi juga bisa saling mengingatkan sesama kita, untuk melihat dan menentukan kembali peta tujuan kita masing-masing.

Baiklah, mari kita lebih dekat "goal mapping" secara sederhana.

Cara Menentukan "Goal Mapping"

Pada dasarnya, tidak ada aturan baku dalam menentukan tujuan. Karena bisa jadi tujuan dalam hidup Anda dan saya berbeda secara spesifik, meski tujuan besarnya bisa jadi mengerucut pada misi yang sama atau hampir sama.

Tapi adakah standar dalam menentukan "goal mapping" ini? Jika pertanyaannya standar, maka ada beberapa hal yang bisa kita rancang di dalam goal mapping kita masing-masing. 

1. Relationship Goal

Jika goal mapping adalah sebuah peta tujuan hidup, maka tujuan dalam membangun hubungan perlu menjadi salah satu komponen penting yang ada di peta itu.

Alasannya sederhana, kita sebagai manusia pasti berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga tujuan membangun hubungan adalah komponen yang sangat penting yang tidak bisa Anda abaikan dalam hidup.

Tujuan dalam membangun hubungan bisa Anda pisahkan antara keluarga dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Silakan Anda kembangkan sendiri siapa saja yang berhubungan dengan Anda.

2. Career Goal

Ini adalah komponen selanjutnya yang juga harus ada di dalam peta tujuan Anda. Akan seperti apa perjalanan dan rencana karir Anda, harus menjadi prioritas Anda juga dalam hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x