Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Konsultan - Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : RUBI (Ruang Belajar dan Inspirasi) email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bu Guru, Salahkah Jika Murid "Mengkritik"?

19 Agustus 2020   18:48 Diperbarui: 19 Agustus 2020   18:43 597
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : murid bersama guru (sumber:kinibisa.com)

Suatu pagi anak saya yang TK menyanyikan sebuah lagu anak-anak yang dia dapat di sekolah nya. Lagu ini rasanya hampir semua anak bahkan orang dewasa tahu lagunya, meski mungkin ada beberapa versinya, tetapi yang dinyanyikan anak saya begini liriknya :

"Pok ame-ame belalang kupu-kupu,

Siang makan nasi kalau malam minum susu,

Susu lemak manis santan kelapa muda,

Adik jangan nangis mamanya sedang kerja,"

Beberapa kali saya mendengarkan lagu itu dinyanyikan oleh anak saya untuk kemudian sampai pada sebuah kesimpulan sederhana. Saya memanggil anak saya tadi dan pertama memujinya, dan setelah itu bertanya darimana lagu itu dia dapatkan. Sambil terus tersenyum khas anak-anak, dia menyampaikan kalau itu dari gurunya di sekolah dan saya pun kembali memuji lagunya.

Beberapa hari kemudian, kebetulan sedang ada acara di rumah dan bertepatan dengan istri saya yang sedang berada didekat kelapa tua untuk diambil santannya.

Saya memanggil anak saya tadi dan memintanya menyanyikan kembali lagu "Pok ame-ame" itu. Ketika sampai dibagian "susu lemak manis santan kelapa muda..." saya lalu mengatakan kepada anak saya,

"Kak, yang benar itu adalah Susu lemak manis, santan kelapa tua... Karena kelapa muda itu yang biasa kita minum airnya dan kita makan isinya, ia tidak ada santannya. Coba kakak lihat kelapa ini. Kelapa tua atau muda kak..?" saya menjelaskan sambil menunjuk santan yang sedang diperas.

"Oooo, jadi yang benar, susu lemak manis, santan kelapa tua, ya Pa..?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun