Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Balai Yasa Manggarai, Bengkel Kereta Api yang Mirip Hangar Pesawat Terbang

28 September 2022   15:48 Diperbarui: 28 September 2022   16:17 845 24 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sehubungan dengan HUT PT KAI ke 77 pada 28 September 2022 ini, diadakah serangkaian Open House yang mengundang masyarakat umum untuk mengintip isi perut Balai Yasa atau Bengkel Kereta Api di berbagai tempat yaitu di Balai Yasa Manggarai, Yogyakarta dan Surabaya.

Nah penulis sendiri berkesempatan untuk mampir ke Balai Yasa di Manggarai yang letaknya dekat-dekat jauh dari Stasiun Manggarai. Bersama komunitas ClicKompasiana yang dipimpin oleh Mbak Muthiah Alhasany kami berangkat ke Balai Yasa, di siang hari tanggal 27 September 2022.

Titik temu kami di dekat KFC di pintu masuk Stasiun Manggarai. Sekitar pukul 12.30 WIB. Mbak Muthah sudah stanby di sana. Sementara beberapa teman lain memutuskan untuk langsung ke Balai Yasa Manggarai.

Di srbut dekat-dekat jauh karena sebenarnya letaknya hanya dipisahkan rel dari Stasiun Manggarai, tetapi karena harus memutar jadi lumayan jauh yaitu hampir 2 kilometer kalau berjalan kaki. Akhirnya saya dan Mbak Muthiah naik taksi online ke sana.

Pintu Masuk: Dokpri
Pintu Masuk: Dokpri

"Balai Yasa Manggarai, Utamakan Sholat Selamat, dan Kerja Sehat," Demikian sebuah tulisan tertera di atas gerai ATM yang ada di depan pintu utama yang berhiaskan kain panjang warna merah putih. Suasana siang itu di Balai Yasa sangat ramai, yang datang pagi masih belum pulang sementara yang kebagian siang sudah mulai berdatangan.

Setelah melewati antrean, di sebelah kiri ada sebuah back drop dengan tulisan Pohon Harapan. Ada beberapa anak yang sedang menempelkan kertas warna-warni berbentuk daun yang akan ditempelkan di pohon tersebut. Mungkin ini merupakan salah satu lomba yang sudah diadakan sejak pagi tadi.

Foto Lawas: Dokpri
Foto Lawas: Dokpri

Ruang pertama yang saya kunjungi adalah auditorium yang berisi pameran kilasan sejarah perkeretaapian, khususnya perawatan kereta api di Balai Yasa ini.

Salah satu foto hitam putih menunjukkan seorang mekanik yang sedang memperbaiki kereta api selama seminggu di Bengkel Kereta Api Manggarai yang diambil pada 7 Januari 1948.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan