Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Keliling Uni Soviet Hanya dengan 1 Ruble 20 Kopek

18 Februari 2020   09:02 Diperbarui: 18 Februari 2020   09:31 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya sangat menyukai belajar berbagai bahasa asing. 

Rasa ingin tahu yang besar ini memang kemudian mengantar saya melek beberapa bahasa yang bisa memuluskan pengembaraan di berbagai pelosok dunia. 

Hal ini dapat dilihat dari koleksi buku -buku jaman lawas yang saya miliki. 

Ada buku buku pelajaran bahasa Jerman, Jepang , Thai, Laos  Arab, Mandarin, Tagalog, dan tentunya Spanyol dan tentu saja Rusia. 

Buku pelajaran bahasa Rusia yang paling saya sukai adalah karangan Nina Potapova yang memang membahas secara cukup mendalam dan kebetulan dibeli dengan harga bersahabat di pasar loak di kawasan Senen pada awal 1980an.

Buku ini sendiri cetakan tahun 1960 an ketika hubungan Indonesia dan Rusia sangat baik. Jilid pertama bikin ini bahkan dengan pengantar dalam bahasa Indonesia. Sementara jilid kedua saya punya dengan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Dua jilid buku itu masih tersimpan dalam koleksi lemari buku keramat saya. 

Tentu saja perkenalan saya dengan bahasa Rusia sudah dimulai lebih awal yaitu ketika sering mendengarkan Radio Moskwa di tahun 1970-an dan meminjam di perpustakaan melalui buku buku Teach Yourself series. 

Nah ketika membuka lemari keramat, ternyata saya kembali menemukan sebuah buku pusaka lama. 

Sebuah buku saku berjudul 'English-Russian Phrase- Book For Tourists' dengan logo olymoade XXII tahun 1980 di Moskwa di pojok kiri atas. 

Sementara gambar seekor beruang yang menjadi maskot sambil membawa tas jinjing juga sangat menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun