Mohon tunggu...
TAUFIK HIDAYAT
TAUFIK HIDAYAT Mohon Tunggu... Guru - Love, Dream and Hug

Menyukai dunia bulutangkis dan suka menulis. I hope i will find new things here. Terima kasih yang sudah vote dan kasih komentar. Salam Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Brasil Belum Berhasil, Kiper Kroasia Mantab Jiwa

10 Desember 2022   01:18 Diperbarui: 10 Desember 2022   01:46 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kiper Kroasia Hebat Luarbiasa (Foto facebook.com/FIFA World Cup) 

Kroasia berhasil singkirkan peringkat 1 Dunia, Brasil di laga perempatfinal Piala Dunia Qatar di Education City Stadium, Jumat malam (9/12/22). 

Bermain alot sepanjang laga, Timnas Brasil yang terus menciptakan peluang akhirnya berhasil mencetak gol pemecah kebuntuan dari kaki Nyemar yang mengelabuhi penjaga gawang Livacovic di laga perpanjangan waktu. Skor 1-0 membuat penonton pendukung juara Piala Dunia 5 kali Brasil - bersorak gembira. 

Tidak berselang lama, Timnas Kroasia berhasil membalas lewat tendangan Bruno Petkovic sehingga membuat skor seimbang (1-1) hingga akhir waktu sehingga harus dilakukan adu penalti. 

Dalam adu penalti yang dramatis itu, Kroasia yang tampil tenang dapat menang dari Brasil dengan skor 3-1. Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, dan Mislav Orsic berhasil menggetarkan gawang Brasil. Sementara itu dua dari empat penendang penalti Brasil, Rodrygo dan Marquinhos gagal membidik jaring.

Tendangan Rodrygo ditepis Livakovic sedangkan tendangan Marquinhos mengenai tiang gawang diakhiri penyesalan.

Pada akhirnya Timnas Kroasia maju ke babak semifinal Piala Dunia dengan kemenangan 4-2 atas Brasil dalam drama adu penalti. 

Kemenangan yang manis dan dramatis dari Kroasia terutama kiper Livacovic yang membuat banyak penyelamatan di babak satu, dua bahkan penalti. 

Kroasia adalah tim yang debut di tahun Piala Dunia 1998. Kini Kroasia berperingkat 10 FIFA. Sempat tidak lolos Piala Dunia 2010 Afrika Selatan namun Kroasia yang berpenduduk 4 juta jiwa itu mampu menjadi runner-up di Piala Dunia Russia 2018.

Profil Singkat Kiper Kroasia

Nama lengkapnya Dominik Livakovic. Lahir di Zadar, Kroasia pada 9 Januari 1995. Dipanggil timnas senior Kroasia tahun 2016. Ia menjalani debutnya di laga kontra Chile di China Cup 2017. Di klub lokal, Livakovic membantu Dinabo Zagreb menjadi juara Prva HNL musim 2017–18, 2018–19, 2019–20, 2020–21, dan 2021–22.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun