Mohon tunggu...
Tati Hikmati
Tati Hikmati Mohon Tunggu... Mahasiswi Semester 6, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Penyuka film genre Horor, Action dan Science Fiction Penggemar buku Fiksi dan penikmat secangkir Fore wkwkwk

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Wawasan Manajemen Pendidikan Islam Internasional

2 Maret 2025   00:27 Diperbarui: 22 Maret 2025   00:08 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto mahasiswa dan global ( Chat GPT )

( Tati Hikmati/Kelas E/Semester VI/Mahasiswa MPI/S1/UIN Sunan Gunung Djati Bandung )

Pendidikan Islam global berjuang untuk tetap relevan di era globalisasi. Tantangan utamanya adalah menjaga identitas Islam sambil meningkatkan kualitas pendidikan dan memanfaatkan teknologi. Pemahaman teori globalisasi membantu merumuskan strategi adaptasi. Kualitas pendidikan mencakup aspek akademik dan spiritual, dan pengelolaan yang baik serta kolaborasi antarlembaga sangat penting.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas dalam memahami empat aspek penting dalam manajemen pendidikan Islam, yaitu falsafah dan teori manajemen, prinsip-prinsip dasar manajemen, isu-isu strategis manajemen pendidikan global, dan politik dan kebijakan dalam manajemen pendidikan Islam. Diharapkan dapat memperoleh pemahaman konsep-konsep mendasar serta peran penting dari setiap aspek tersebut dalam pengelolaan pendidikan Islam secara global.

Pertama: Falsafah dan teori Manajemen; Filsafat ilmu pengetahuan itu seperti akar pohon ilmu, membantu dalam memahami dari mana ilmu berasal dan bagaimana cara untuk mendapatkan pengetahuan yang benar. Dalam manajemen, filsafat membantu dalam membangun teori-teori dan cara kerja yang masuk akal. Seorang manajer perlu pintar-pintar memilih ilmu yang tepat, memahami orang-orang yang bekerja dengannya, dan menyatukan perbedaan pendapat. Cara pandang manajer terhadap pengetahuan dan kenyataan, yang disebut epistemologi dan ontologi, sangat penting untuk menghadapi masalah dan mencapai tujuan organisasi.

Kedua: The Basic Principles Manajemen; Manajemen Pendidikan Islam adalah pengelolaan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, bertujuan membentuk generasi berakhlak mulia. Landasannya berasal dari Al-Qur'an, As-Sunnah, dan peraturan perundang-undangan. Al-Qur'an menekankan pendidikan sebagai tugas utama, pencarian ilmu, pembentukan karakter, dan kepribadian Islami. As-Sunnah mengajarkan keteladanan Rasulullah, pendekatan individual, lingkungan Islami, dan pendidikan berbasis interaksi sosial. Peraturan perundang-undangan memberikan dasar hukum bagi penyelenggaraan pendidikan Islam. Prinsip-prinsip dasarnya meliputi tauhid, keadilan, kepastian, transparansi, dan partisipasi aktif.

Ketiga: Isu- isu Strategis Manajemen Pendidikan Global; Isu mutu pendidikan merupakan salah satu isu strategis utama dalam manajemen pendidikan Islam, yang sangat dipengaruhi oleh teori-teori globalisasi. Mutu pendidikan tidak hanya diukur dari aspek akademik, tetapi juga aspek moral dan spiritual. Manajemen pendidikan Islam harus mengembangkan sistem penjaminan mutu yang komprehensif, mencakup evaluasi kurikulum, kompetensi tenaga pendidik, dan fasilitas pendidikan. Program-program seperti pengembangan karakter, kewirausahaan, dan penguasaan bahasa asing juga penting untuk meningkatkan kualitas lulusan agar dapat bersaing di pasar kerja global.

Keempat: Politik dan Kebijakan dalam Manajemen Pendidikan Islam Internasional; Politik pendidikan, sebagai cara mempengaruhi tujuan pendidikan, seringkali dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. Di Indonesia, pendidikan Islam masih menghadapi tantangan dalam pemberdayaan umat. Kebijakan pendidikan, yang harus memenuhi syarat konstitusional dan dibuat oleh ahli, bertujuan untuk memajukan pendidikan. Namun, implementasinya, terutama di madrasah dan perguruan tinggi Islam, seringkali terkendala oleh kurangnya otonomi, keterampilan manajemen, dan partisipasi masyarakat. Anggaran pendidikan yang memadai dan kebijakan yang kuat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam dan mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan Islam global menghadapi tantangan untuk tetap relevan di era globalisasi dengan menjaga identitas, meningkatkan kualitas, dan memanfaatkan teknologi. Pemahaman teori globalisasi membantu merumuskan strategi adaptasi, sementara fokus pada mutu pendidikan mencakup aspek akademik dan spiritual. Pengelolaan transparan dan kolaboratif penting untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu bersaing di tingkat global.

*) Tulisan ini disarikan dari Bahan Ajar Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Islam Internasional  Part 1 Wawasan Manajemen Pendidikan Islam Internasional, mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam Internasional, Dosen Pengampu Prof. Dr. H. A. Rusdiana, M. M.

Tati Hikmati lahir di Tasikmalaya pada tanggal 14 November 2002. Merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Bapak Rofik Darto Wahab dan Ibu Nurhasanah. Alamat tinggal saat ini di jalan Kosambi Gudang Sikat, Rt. 002, Rw. 002, No. 10 Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 40615. No Hp 081943415794, Email: tatihikmati02@gmail.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun