Mohon tunggu...
Tatia Traveller
Tatia Traveller Mohon Tunggu... Sosiologist, Ibu tiga anak yang suka menulis, traveling dan makan enak.

Penulis buku Cara Mencegah Selingkuh dan Cerai, Cegah dan Deteksi Kanker Serviks, Bahaya Alkohol dan Cara Mencegah Kecanduannya, Love and Shock, Hidangan Fav Mediterania. Sosiolog, dan pemerhati the whole universe. Menetap di Yunani sejak 2003. Saat ini sedang senang menulis tentang kesehatan, mind and body.http://www.tatiatravels.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bijak Saat Covid 19 Krisis

22 Maret 2020   14:57 Diperbarui: 22 Maret 2020   15:03 7 1 1 Mohon Tunggu...

Membaca banyak status yang mengabarkan ada dokter yang meninggal, ada yang kelaparan tapi takut keluar dan ada yang mengecam pemerintah dsb. Jika saya boleh berpendapat ; bencana Covid 19 ini bukan bencana tiba-tiba sebab jauh sebelumnya sudah diingatkan. Memang lain kondisi di Yunani dan di Indonesia, tetapi sebagai individu kita tetap sama. Badan kita tetap sama tetapi ketahanan tubuh tiap manusia berbeda-beda. Bagaimana supaya tetap survive dan tidak stress;

1. IMMUNE SYSTEM. Senjata utama tubuh kita melawan virus adalah immune system atau daya tahan tubuh. Jika daya tubuh kuat virus itu bisa dikalahkan. Setiap hari setelah bagun pagi kita sebaiknya sarapan. Saat Covid ini jangan berharap sarapan yang neko-2 seperti saat normal. Ada nasi silahkan sarapan, ada buah lebih baik karena buah seperti pepaya, pisang sangat bagus di konsumsi pada saat ini. Intinya buah yang mudah di dapatkan dan tidak harus jauh-jauh mencarinya. Apa saja yang ada di dapaur yang mudah diolah dijadikan sarapan. Itulah sebabnya sebaiknya sediakan selalu buah di rumah Anda. Beli jeruk, pepaya setengah matang, mangga, bengkuang, alpukat, pisang satu tandan yang belum begitu matang agar bisa tahan. Beli bahan makanan yang tidak usah antri yang mudah di dapatkan. Justru dengan antri di supermarket malah bikin masalah baru bisa tertular Covid 19. Karena buah dan sayuran kurang populer di Indonesia dan mudah di dapatkan di penjual keliling atau warung-warung. Pergi ke pasar lebih pagi saat belum banyak orang datang, saat pasar masih sepi. Jangan lupa pakai masker atau selendang menutupi wajah dan kacamata untuk mata, karena penularan covid 19 bisa dari mata juga.


2. BATASI MEMBARA BERITA DAN NONTON TV. Berita update cobid 19 memang semua kita membutuhkannya, tetapi jika setiap saat otak kita dipenuhi tentang berita berapa yang terkena berapa yang mati otomatis otak kita jadi khawatir. Pernah saya menulis artikel 10 tahun lampau tentang penelitian ahli bahwa 97% hal yang otak kita khawatirkan tidak terjadi. Intinya kita semua sudah tahu Covid 19 berbahaya, Menurut World Health Organization (WHO), cara virus corona COVID-19 menyebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika mereka yang terinfeksi virus bersin atau batuk.Tetesan itu kemudian mendarat di benda atau permukaan yang disentuh dan orang sehat. Lalu orang sehat ini menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh orang sehat ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona. Bahkan melalui udara juga bisa. Itulah sebabnya pemakaian masker WAJIB bagi semuanya. Dengan pengetahuan ini yang harus kita waspadai adalah jangan tertular. Bagaimana agar tidak tertular hal yang paling tegas adalah stay home putuskan kontak dengan orang luar. Bahkan dengan tetangga juga tidak bertemu, cukup dari jauh say hi atau melalui telepon sudah cukup.


3.MERUBAH GAYA HIDUP. Sudah kita ketahui bencana Covid 19 ini menghantam sistem perekonomian dunia. Semua sektor terkena imbasnya. Terlebih lagi bidang turisme dan bidang lainnya tentunya. Jika dapat rubah gaya hidup Anda. Yang sebelumnya kurang memperhatikan kebersihan, menganggap enteng semuanya, maka saatnya Anda fokus pada kebersihan dan kesehatan. Sehat itu tidak semuanya mahal. Yang mahal itu adalah mengobati. Saat Anda sehat jaga diri tetap sehat dengan cara membersikan rumah, dapur, WC , jika Anda masih bekerja gunakan terus masker dan cuci tangan setiap menyentuh barang-barang. Banyak teman di statusnya memasang daftar berapa lama covid 19 bertahan di permukaan berjenis benda-benda. Gaya hidup lainnya cobalah melalukan "Cut" memotong biaya-biaya hidup yang bisa kita cut. Lakukan penghematan di semua bidang.
Bersambung...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x