Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Duhai Para Siswa, Pastikan Identitas Diri di Rapor Sudah Betul Sejak Awal

9 Mei 2021   07:26 Diperbarui: 11 Mei 2021   08:16 281 47 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Duhai Para Siswa, Pastikan Identitas Diri di Rapor Sudah Betul Sejak Awal
olahan pribadi

Sebulan yang lalu ada orang tua kelas 9 yang menghubungi saya, menyatakan bahwa ada kesalahan identitas nama anaknya di rapor. Nama depan anaknya Muhamad, tetapi yang tertulis di rapor hanya huruf M saja. Saya memintanya untuk menghubungi operator sekolah untuk dilakukan perbaikan.  

Data siswa yang ada di rapor diambil dari aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan), yaitu sebuah sistem pendataan yang digunakan untuk menjaring semua data terkait data kelembagaan dan kurikulum sekolah, data siswa, data guru dan karyawan, serta data sarana dan prasarana setiap sekolah.

Sumber data siswa yang ada di Dapodik diiput oleh operator dari data yang diberikan oleh siswa atau sekolah SD pada saat pendaftaran siswa baru. Pada saat siswa baru masuk dan mengikuti kegiatan masa pengenalan sekolah, data sudah dicetak per kelas. 

Siswa diminta mengecek identitas diri berupa nama siswa, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua. Semua data harus sama antara identitas yang ada di ijazah SD, akte kelahiran dan kartu keluarga.

Bila ada kesalahan maka operator akan memperbaiki datanya di Dapodik, siswa akan diminta untuk mengumpulkan ijazah SD dan akte kelahiran yang asli karena harus discan untuk diunggah ke aplikasi Dapodiknya.

Siswa juga akan diminta mengecek kembali datanya pada saat pembagian rapor kelas 7 semester satu, bila ada kesalahan harus segera diperbaiki ke operator sekolah dan rapornya akan dicetak kembali.

Ketika siswa sudah duduk di kelas 9 semester 1, untuk keperluan pendataaan peserta ujian sekolah dan penulisan ijazah SMP maka siswa diminta mengumpulkan kembali fotocopi ijazah SD, akte kelahiran dan kartu keluarga oleh operator sekolah.

Karena tahun ini sedang PJJ, pengumpulan data dilakukan oleh orang tua pada saat pembagian rapor tengah semester 1. Orang tua diberikan lembaran yang berisi data siswa dan diminta untuk mencocokkannya dengan fotocopi yang sudah dibawa. Bila ada perbedaan data, hari itu juga orang tua langsung diminta menghubungi operator sekolah untuk segera dilakukan perbaikan.

Makanya saya merasa heran, setelah siswa duduk di kelas 9 semester 2 orang tua baru tahu ada kesalahan nama pada rapor anaknya. Padahal siswa sudah diminta mengecek datanya sejak kelas 7. Memang terkadang ada siswa yang suka mengabaikan hal-hal seperti ini, jadi orang tuanya yang harus teliti dan lebih aktif.

Setelah saya cek ke operator, siswa kelas 9 yang sudah melaporkan ada kesalahan identitas di rapor ada beberapa orang. Karena sedang mengikuti diklat online PPG setiap hari, operator hanya sanggup memperbaiki nama yang ada di Dapodik saja.

Saya sebagai wali kelas berinisiatif untuk memperbaiki kesalahan nama tersebut, walaupun harus melakukan perbaikan rapor sebanyak 5 semester mulai dari dari kelas 7 sampai kelas 9 semester 1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x