Mohon tunggu...
Tati Dayana P
Tati Dayana P Mohon Tunggu... Pengacara - Menulis dengan menyampaikan rasa yang jika kita sampaikan tanpa menulis tidak berani menyampaikan

Law Faculty of Jayabaya University

Selanjutnya

Tutup

Money

Tips Tetap Produktif Saat Isolasi Mandiri Akibat Covid-19

6 April 2020   00:15 Diperbarui: 6 April 2020   00:24 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menghimbau agar, masyarakat mengurangi aktivitas diluar atau mengisolasi diri. Tentunya himbauan tersebut bukanlah hal yang kita senangi. Terlebih kepada masyarakat yang memiliki penghasilan harian, jika kegiatan diluar berkurang pastinya penghasilan juga akan berkurang.

Alih - alih bicara penghasilan, covid-19 atau virus corona ini adalah virus yang mematikan dan dapat menular atau menyebar dengan begitu cepat. Jadi, kita harus tetap di rumah, isolasi diri, keluar rumah jika memang sangat di perlukan saja. Jadi bagaimana kita menghadapi ketidakpastian ini? ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi virus corona (Covid-19) , ketidakpastian ekononi akibat pademi virus corona (covid-19) ini.

Maka, melalui tulisan ini saya akan membahas dan berbagi tips bagaimana mengisi waktu kita yang sudah kebanyakan di rumah saja. Mengisi waktu di rumah tentunya sudah banyak orang yang sudah tau bagaimana caranya. Tetapi cara yang akan saya jelaskan ini adalah berbeda karena, dengan cara ini juga akan membuat kita tetap tenang dan bisa membantu kita terhindar dari krisis ekonomi.

Berikut tips dan cara saya bagaimana mengisi waktu dirumah akibat pandemi Virus Corona (covid-19) dan bisa membantu perkonomian tetap sehat :

1. Manfaatkan kelebihan mu

Tentunya kita semua memiliki kelebihan yang berbeda - beda. Ada yang bisa memasak, Melukis, Menulis, dan lain - lain. Lalu ada yang mengatakan saya sudah lama tidak menggelutinya karena sudah sibuk dengan pekerjaan utama saya. Gampang, ada youtube. selain mengasah kembali kemampuan, kita bisa mempromosikan hasilnya sebagai bahan dagangan kita di sosial media. Dengan kata - kata yang menarik dan tentunya dengan hasil yang baik, berpotensi untuk dipasarkan maka akan ada kemungkinan untuk menghasilkan uang.

2. Menjadi reseller produk kantor

untuk cara saya yang kedua ini tidak semua bisa melakukannya. Jadi cara ini saya bagi untuk teman - teman yang bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang distributor. Nah, bagi teman - teman yang bisa jadi reseller produk kantor hal ini sangat saya rekomendasikan. Saya sendiri melakukannya dan bagi saya menyenang. Karena selain mendapat keuntungan untuk diri sendiri, kita juga menjadi bagian dari perusahaan yang tetap berpartisipasi untuk mendukung perekonomian perusahaan ditengah wabah covid-19 ini.

3. Memanfaatkan apa yang ada

Yang namanya manusia tidak luput dengan kebutuhan dan keinginan. Sebelum pandemi virus corona (covid-19) mungkin ada beberapa diantara kita yang jika ingin ini, ingin itu langsung saja membelinya tanpa berpikir panjang karena ekonomi masih baik - baik saja. Namun untuk situasi saat ini saya sangat menyarankan agar kita mampu mengontrol segala keinginan tersier. Yang biasanya sekali sebulan harus beli baju untuk update fashion. Lebih baik hasrat itu dikubur saja dulu, sampai keadaan ekonomi sudah pulih kembali. Kemudian buat teman - teman yang memiliki adik atau keponakan. Bagaimana jika mereka meminta? tentu kita memang tidak tega menolaknya. Cara lain untuk memenuhi permintaan mereka adalah, dengan menawarkan barang kita yang mungkin pas digunakan oleh mereka. Selain kita mewariskan barang, kita  tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli yang baru, sehingga keuangan bisa tetap terjaga.

Itulah tiga cara dari saya dan yang sudah saya terapkan dalam menghadapi keadaan yang belum pasti ini agar bisa terhindar dari krisis ekonomi ini. Saya berharap teman - teman yang sudah membaca ini bisa juga menerapkannya dan merasakan manfaat baiknya. Mari kita berperilaku cerdas ditengah ketidakpastian stabilitas keuangan ini dan tetap waspada, tetap menjaga kesehatan agar kita tetap aman dan terjaga baik dari segi keuangan dan dari segi kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun