Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kisah Heroik Hakam dan Istri, Berhasil Pergi ke Mesir dengan Sepeda

25 Oktober 2017   15:50 Diperbarui: 25 Oktober 2017   21:10 0 2 1 Mohon Tunggu...
Kisah Heroik Hakam dan Istri, Berhasil Pergi ke Mesir dengan Sepeda
Dokumentasi: Zahid Al Jundi

Tekad kuat dan harapan yang besar seorang pasangan Suami istri dalam menyebarkan misi perdamaian kepada seluruh dunia melalui sepeda akhir nya sampai membawa mereka hingga ke Mesir.

Hakam Mabruuri,  nama nya sempat viral di Indonesia pada akhir tahun 2016 lalu  tatkala diri nya dan istri menyatakan akan pergi  ke Mesir dengan bersepeda dalam rangka menyebarkan misi perdamaian untuk seluruh dunia terutama di negara yang mereka lalui.

Mereka menamakan perjalanan mereka ini dengan nama "Holy Journey From Indonesia To Egypt,  Faith in Peace". Perjalanan ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan pasutri ini dalam berbagai konflik yang terjadi atas nama agama.

Hakam dan istri bukanlah pasutri jutawan yang mampu mendanai perjalanan panjang ini, namun walau begitu mereka tetap yakin bahwa Rezeki Allah akan datang kepada mereka atas niat baik ini. Setelah mengumumkan sedikit uang dan bekal yang datang dari sanak keluarga dan teman dekat,  akhirnya mereka memulai perjalanan ini.

Sebagaimana dikutip Kompas, Misi Perdamaian dimulai dari Stadion Kanjuruhan,  kota Malang. Hakam dan Istrinya  ini dilepas oleh Bupati Malang, Rendra Krisna pada bulan Desember tahun lalu. Dalam acara pelepasan itu Rendra berpesan kepada pasutri ini untuk ikut juga mempromosikan Malang,  terutama Wisata nya.

Pasangan ini menggunakan sepeda tandem alias satu sepeda yang bisa dikayuh leh dua orang. Hakam berada di depan sedangkan istri nya berada dibelakang.  "Sepeda itu didesain khusus untuk mereka" tutur Zahid,  seorang Anggota PPMI Mesir yang ikut menyambut Pasangan Goweser ini tatkala mereka sudah sampai di Mesir.

Unik nya sepeda ini dia dapatkan setelah meyakinkan misi perdamaian nya kepada salah seorang produsen sepeda. Akhir nya setelah setuju,  produsen ini pun membuat sepeda tandem sesuai dengan permintaan Hakam yang bahkan belum pernah mereka buat sebelumnya.

Hakam dan istri nya selalu mendapatkan kan kemudahan dalam perjalanan panjang nya,  mulai dengan uang dan penginapan yang diberikan oleh masyarakat di negara yang mereka lewati. Ketila sampai di Mesir,  mereka mendapat pengawalan dari Polisi agar mereka bisa bersepeda dengan aman di Mesir. Tak hanya itu,  mereka juga mendapatkan penginapan di Markas Militer Mesir untuk beristirahat ketika baru sampai di negara Piramida ini.

Sebagai mana video yang di Share oleh Zahid di Instagram nya,  tampak Hakam dan istri nya menaikkan sepeda tandem mereka ke atas mobil pick up untuk dibawa ke Wisma Nusantara Cairo yang merupakan tempat Istrirahat suami istri hebat ini selama di kota Kairo.

Wisma Nusantara merupakan pusat kegiatan mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir.  Dikabarkan Hakam beserta istri akan mengunjungi destinasi wisata yg ada di Kota Kairo ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x