( Metode, Dasar, Prinsip, Tujuan, Fungsi, serta Prosedur pendidikan Islam )
A. Hakikat Metode Pendidikan Islam
    Metode dalam bahasa Inggris berasal dari kata way yang berarti jalan, metode ini dapat mencakup makna yang lebih luas yakni strategi, seni dan metodologi (proses pencapaian). Dalam bahasa Indonesia metode diadopsi dari kata methodos yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata meta (menuju) dan bodos yang berarti (jalan). Dapat disimpulkan bahwa metode adalah jalan atau cara untuk menuju sesuatu yang diinginkan.
       Dalam perspektif filsafat pendidikan islam metode pendidikan islam tidaklah sama dengan metode pendidikan yang ada dibarat , walaupun ada beberapa metode yang hampir sama.Yang harus dipahami dari metode pendidikan islam ialah terbentuknya pribadi yang beriman dan senan tiasa siap mengabdi kepada Allah SWT.
       Dalam pendidikan islam, metode adalah sesuatu yang memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mewujudkan suatu tujuan, karena metode menjadi sarana yang menampung materi pembelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan, sehingga dapat dipahami oleh peserta didik yang dapat membentuk tingkah laku dan kepribadian mereka. Selain itu metode dapat diartikan sebagai seperangkat cara, jalan, dan teknik yang dipakai oleh pendidik dalam proses belajar dan mengajar untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum, silabus, dan mata pelajaran
      Pendidikan Islam merupakan suatu sistem yang terbentuk dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Diantara komponen yang ada didalam komponen tersebut salah satunya adalah metode. Pengkajian terhadap metode yang memang menjadi bahan diskusi yang tetap menjadi hal menarik, itu disebabkan karena metode turut meentukan berhasil tidaknya proses pendidikan yang di laksanakan dalam mencapai tujuan, oleh karenanya metode harus dikembangkan secara dinamis sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman.
       Dan menurut Abdurrahman Saleh Abdullah ada tiga nilai yang terkandung dalam tujuan pendidikan islam yang direalisasikan melalui metode yang mengandung watak dan relevansi tersebut, yaitu :
1. Membentuk peserta didik menjadi hamba Allah yang mengabdi kepadaNya
2. Bernilai educatif yang mengacu kepada petunjuk Al-Qur'an dan Hadis
3. Berkaitan dengan motivasi dan kedisiplinan sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan hadis
B. Dasar Metode Pendidikan Islam