Mohon tunggu...
TANTI YULIANTI
TANTI YULIANTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Freelancer. Barangkali ada yang membutuhkan freelance menulis artikel email saya di tan.yulianti27@gmail.com atau Telegram @yulianti1127.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Bitcoin Dapat Sinyal Lampu Hijau dari Amazon, Porto Mulai Subur Kembali

27 Juli 2021   09:35 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:40 69 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bitcoin Dapat Sinyal Lampu Hijau dari Amazon, Porto Mulai Subur Kembali
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Melihat masa lalu, pada bulan Mei badai dimulai ketika tanggal 12 Mei Bapak Elon Musk yang terhormat mengutarakan niat baiknya di Twitter. Mengatakan pada dunia bahwa Perusahaan Tesla miliknya tidak akan lagi menerima pembayaran melalui Bitcoin karena proses penambangan Bitcoin yang menurutnya membahayakan lingkungan.

Tepatnya pada tanggal 10 Mei, Bitcoin masih berada pada $59.577.80 kemudian mengalami penurunan tajam secara bertahap, merespon Tweet dari Elon Musk sejak tanggal 12 Mei hingga 20 Juli kemarin Bitcoin mencapai harga $29.689.32.

Pernyataan perang dari Pemerintah China kepada Bitcoin dipertegas pada 19 Mei 2021. Pemerintah China melarang perbankan dan saluran pembayaran online untuk menyediakan pembayaran melalui Bitcoin ataupun jaringan crypto lainnya.

Pembatasan upaya China untuk memboikot Bitcoin sudah sering terjadi tapi Bitcoin tetap baik-baik saja hingga saat ini, hanya saja pada bulan Mei Bitcoin memang sudah dilanda angin topan ditambah kilat dan petir bermunculan sehingga membuat nilai Bitcoin ikut terguncang.

Sama halnya seperti USD sebagai mata uang Internasional, yang jika mengalami penurunan maka akan berdampak pada mata uang negara lain. Bitcoin sebagai crypto yang pertama kali ada dan menjadi kiblat bagi jaringan coin crypto akan berpengaruh kepada coin crypto yang lainnya jika mengalami perubahan harga.

Dari bulan Mei sampai bulan Juli hampir semua coin crypto mengalami penurunan harga, memerah bagaikan lautan darah, membuat mata perih memandangnya. Banyak yang kemudian memilih berhenti menjadi investor coin kasat mata ini, padahal sebenarnya sama saja seperti saham atau emas, harga bisa naik dan turun sesuai tren yang ada.

Setelah diterjang badai akhirnya sinar matahari mulai terlihat juga. Beberapa angin segar mulai muncul di pertengahan bulan Juli 2021 ini. Mulai dari negara pertama di dunia yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah yaitu El Savador pada bulan Juni 2021. Hal ini jelas menggemparkan dunia ketika China sedang gencar-gencarnya memboikot Bitcoin dan harga Bitcoin juga sedang terombang-ambing El Savador tetap percaya pada mata uang crypto dan berhasil membuat harga Bitcoin mengalami kenaikan.

Walaupun terus mengalami naik turun, angin segar terus berdatangan menuju ke akhir bulan Juli ini. Dimana Elon Musk yang mengatakan bahwa Tesla akan menerima pembayaran melalui Bitcoin kembali dengan syarat lebih dari 50% penambang Bitcoin harus menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Dan kabar terbaru yang menjadi titik bangkitnya Bitcoin adalah kabar dari Amazon yang kemungkinan akan menerima pembayaran melalui Bitcoin pada akhir tahun 2021. Kabar ini jelas menjadi angin yang sangat segar bagi para penggiat crypto.

Bitcoinpun mulai memulihkan diri tepatnya hari ini tanggal 27 Juli harga Bitcoin berada pada $39.270.77. Dengan mulai menghijaunya Bitcoin, coin-coin yang lainnya juga ikut menghijau. Portofolio menjadi tidak perih dipandang.

Sudah selayaknya bagi investor untuk siap sedia diterjang badai atau angin topan, apalagi ketika bermain dengan mata uang yang tidak kasat mata ini. Tapi seharusnya crypto bisa terus bertahan dan berkembang, bahkan bisa jadi akan ada El Savador lainnya di masa yang akan datang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN