Mohon tunggu...
tamara Sari
tamara Sari Mohon Tunggu... Tamara sari

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Duka di Negeri kita

24 Januari 2021   13:25 Diperbarui: 24 Januari 2021   13:37 78 0 0 Mohon Tunggu...

Tahun ini, tahun 2021 sudah menginjak Minggu ke tiga pada bulan Januari ini. Negriku Indonesia, hari demi hari dihadiri dengan rasa duka.

Permasalahan yang dialami Indonesia saat ini antara lain pandemi Covid-19 hingga bencana alam.

Badan Penanggulangan Bencana sudah mencatat lebih dari 100 bencana alam yang terjadi selama 20 hari belakangan ini. Bencana bencana tersebut diantaranya banjir, angin ribut, tanah longsor, erupsi gunung berapi, dan juga gempa bumi. BNPB pun harus membagi anggota untuk menangani berbagai bencana yang terjadi di beberapa daerah. 

 Pembuka bencana di tahun 2021. Mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada 9 Januari 2020, disusul longsor Cimanggung, Sumedang yang hingga kini menelan puluhan korban jiwa.

Berselang satu pekan kejadian gempa bumi berkekuatan M 6,2 juga menghantam Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, pada 15 Januari.

Belum kering air mata, banjir bandang juga merendam Kalimantan Selatan. Basarnas mengungkap 2.600 warga yang terdampak harus mengungsi. banjir dan longsor juga terjadi di Kota Manado, 6 orang meninggal dunia dan 500 lebih warga yang terdampak mengungsi.

  

Curah hujan yang tinggi saat ini dan cuaca ekstrim menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti Malang dan Puncak, Bogor," 

Pemda juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana," 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah mengunjungi langsung dua lokasi bencana yaitu Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat yang terdampak Gempa dan kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan yang terkena bencana banjir.

Bencana banjir terjadi di Kepulauan Bangka Belitung; kabupaten Bener Meriah dan Aceh Timur, Aceh; Kabupaten Jember, Jombang dan Sampang, Sidoarjo, Jawa Timur,Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah, kalimantan Barat, 10 kabupaten di Kalimantan Selatan: Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat: Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat: Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara: kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara: Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara: kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat: Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN