Mohon tunggu...
Al SyaimaTadayyan
Al SyaimaTadayyan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa/Universitas Brawijaya

Saya adalah seorang mahasiswa dari Universitas Brawijaya jurusan bisnis digital, saya memiliki hobi menggambar dan minat untuk berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Familiar dengan Buyer Persona, Sebenernya Apa Sih Itu?

24 Januari 2023   10:50 Diperbarui: 24 Januari 2023   14:57 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Halo para entrepreneur, sering dengar istilah buyer persona? Ini elemen penting sebelum membuka bisnis loh, yuk disimak!

Semakin tahun dunia teknologi semakin pesat dan diiringi juga dengan digital, khususnya didunia digital marketing. Entrepreneur saat ini harus bisa menyesuaikan dinamika bisnis yang mengarah ke dunia digital. So kita harus mulai memiliki strategi untuk memasarkan produk dan jasa ke customer.

Apa Itu Buyer Persona?

Buyer persona adalah gambaran dari tipe pelanggan bisnis/perusahaan yang berasal dari hasil riset pasar yang ekstensif.

Kita dapat mengumpulkan data seperti perilaku, kepribadian, demografi dan cara mereka mengambil keputusan pembelian, maka kita dapat membuat seperti profil nyata.

Manfaat Buyer Persona Untuk Bisnis

Dengan adanya buyer pernsoa kita akan mudah memberikan pelanggan value bisnis dan menentukan strategi pemasaran yang sesuai. Ada beberapa manfaat lain nya dari buyer persona, di antaranya:

  • Mampu memahami Pelanggan 

Dengan data yang kita miliki kita mudah untuk memahami keinginan dan kendala dari pelanggan, dari apa yang mereka sukai dan apa yang menarik minat mereka, kebiasaan dalam beraktivitas, informasi demografis, metode pembelian yang disukai, masalah yang dihadapi saat menggunakan produk, dll.

Maka kita lebih mudah untuk terhubung dengan kemauan pelanggan dan mampu membuat produk yang relevan dengan yang dibutuhkan.

  • Mudah dalam memetakan pemasaran 

Pemasaran akan lebih terfokus pada segmentasi yang telah ada. Maka kita bisa membuat iklan dengan konten yang relevan, cara berkomunikasi seperti mereka, dan mendistribusikan produk dengan cara yang mereka sukai.

Sehingga dapat membuat hubungan yang loyal dengan pelanggan.

  • Membuat strategi pemasaran yang efisien 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun