Mohon tunggu...
Lupin TheThird
Lupin TheThird Mohon Tunggu... Seniman - ヘタレエンジニア

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Jepangologi: Kehidupan Sehari-hari

21 Mei 2023   22:44 Diperbarui: 21 Mei 2023   23:09 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Esai Foto: Jepangologi (Bagian 1/dokpri)

Saya suka jalan-jalan. Entah dekat, entah jauh, yang penting bisa melupakan kepenatan jiwa dan raga setelah lima hari bekerja.

Menjauhkan diri dari kehidupan rutin sehari-hari dengan cara jalan-jalan membuat orang, bebas. Dalam arti, pada satu sisi, kita tidak perlu memikirkan hal-hal rutin seperti menyiapkan sarapan pagi, menyisir rapi rambut dan memakai baju formal, kewajiban menenteng tas agak berat karena berisi berkas kantor, laptop dan tetek bengeknya.

Pada sisi lain, jika jalan-jalannya ke daerah yang belum pernah saya kunjungi, maka akan timbul rasa khawatir. Perasaan ini terjadi karena rasa cemas, misalnya bagaimana nanti kalau tersesat? Atau mungkin rasa gelisah tidak dapat menemukan rumah makan, jika perut terasa lapar.

Perasaan bebas dan khawatir kelihatannya bertentangan. Akan tetapi, justru karena berlawanan itulah, maka jika keduanya menjadi satu, saya merasakan sensasi luar biasa mengasyikkan.

Tentu tidak adil jika sensasi itu saya nikmati sendirian, bukan? Oleh karena itu, saya akan bercerita tentang Jepang (termasuk pengalaman jalan-jalan), melalui foto-foto yang saya ambil.

Sebelum meneruskan lebih jauh, saya ingin mengingatkan agar tidak dituduh PHP (pemberi harapan palsu).

Cerita saya sudah pasti tidak sehebat Isabella Bird, seorang pengembara, fotografer dan penulis. Dia berkelana ke pelosok Jepang dan menuliskan pengalamannya dalam buku "Unbeaten Tracks in Japan: Travels of a Lady in the Interior of Japan".

Pemahaman saya tentang Jepang tidak sedalam Lafcadio Hearn. Dia banyak menulis pengalaman hidupnya, juga hal-hal yang berhubungan dengan Jepang, terutama tentang cerita alam gaib.

Mungkin Anda pernah membaca cerita-cerita alam gaib Jepang yang ditulis pada era Meiji oleh orang bernama Koizumi Yakumo. Ini adalah nama Hearn, setelah naturalisasi menjadi warga negara Jepang. Sebagai catatan, pemakaman Zoshigaya di Tokyo adalah tempat peristirahatan terakhirnya.

Oh ya, saya mencatut kata jepangologi dari japanology. Hanya saja ada sedikit perbedaan dari istilah asal. Yaitu, tidak ada hal keilmuan yang ingin saya ceritakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun