Mohon tunggu...
syifa syauqiyahannur
syifa syauqiyahannur Mohon Tunggu... mahasiswa

menjahit,berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Kontruktivisme

25 Oktober 2024   11:26 Diperbarui: 25 Oktober 2024   11:33 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Kematangan itu memengaruhi perkembangan. Prinsip dasar psikologi Kognitif:

1. Belajar aktif.

2. Berinteraksi sosial.

3. Pengalaman sendiri.

     Kognitif merupakan proses mental yang kompleks dengan mendapatkan informasi melalui indra. Kognitif itu seperti siswa mengucapkan kata "ooh..." hal ini berarti ia mulai memahami materi yang dijelaskan. Kognitif itu mengetahui, pemahaman, analisa. Taksonomi Bloom adalah kerangka klasifikasi tujuan pembelajaran yang dikembangkan oleh Benjamin Bloom dan koleganya pada tahun 1956, yang kemudian direvisi oleh Anderson dan Krathwohl pada tahun 2001. Taksonomi ini terdiri dari tiga domain utama:

1.  Domain Kognitif (Pengetahuan)

Terdiri dari 6 tingkatan, dari yang sederhana hingga kompleks:

- Mengingat (Remember): Kemampuan mengingat informasi

  Contoh: Menyebutkan, mengidentifikasi, mendaftar

- Memahami (Understand): Kemampuan memahami makna

  Contoh: Menjelaskan, menguraikan, membandingkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun