Mohon tunggu...
Syifa Ann
Syifa Ann Mohon Tunggu... Write read sleep

Alumni Sosiologi, Penyuka Puisi | Pecinta Buku Nonfiksi & Kisah Inspirasi. | Pengagum B.J Habibie. | Pengguna K'- Mobilian. | Addicted With Joe Sacco's Books. | Risk Taker. ¦ A Warrior Princess on Your Ground. | Feel The Fear, and Do It Anyway :)

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Mengintip Gaza via Cuitan Warganya

30 Agustus 2016   22:39 Diperbarui: 9 September 2016   06:47 345 11 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Gaza via Cuitan Warganya
Ilustrasi by @SheQuates

Gaza, sebuah daerah berpenduduk 1,9 juta jiwa, di Palestina, berada di bawah kendali ketat pihak keamanan Israel dan Mesir. Hanya orang dengan izin khusus yang bisa keluar masuk wilayah itu.

Gaza, seperti komik-komik anggitan Joe Sacco banyak bercerita, wilayah tersebut hingga kini masih menjadi medan perang membara antara Israel dan Palestina.

Gaza, mendengar namanya, hal yang terbersit di pikiran orang kebanyakan adalah duka dan doa. Duka membayangkan perang yang tiada berkesudahan dan doa untuk kedamaian yang semoga segera didapat bagi Gaza dan Palestina.

Duka masih menganga, tapi tetap ada kehidupan di Gaza, bahkan sejumlah orang yang tinggal di wilayah membara itu masih cukup aktif di media sosial khususnya twitter.Orang zaman ini telah menjadi manusia digital dengan slogan Tweet your life! Tak terkecuali warga Gaza.

Lewat kicauan 140 karakter para warga Gaza itu menjadi terdepan mengabarkan, mereka kabarkan kondisi terkini kota dan negaranya-Palestina, mereka berbagi tentang kehidupannya sehari-hari, juga tentang harapan dan opini, tak melulu soal perang dan bencana, sesekali juga ada canda dan keindahan.

Semua capture kicauan yang disertakan dalam tulisan ini bersumber dari mereka para warga sipil yang tinggal di Gaza. Pembagiannya dikelompokan menjadi 3 bagian: 1 Kondisi terkini Gaza, 2: Gaza dan kehidupan sehari-hari mereka, 3: Gaza dari sisi cantik.

Kompasianer, yuk ngintip Gaza dari kicauan warganya, inilah sedikit intisarinya:

1. Kondisi Terkini Gaza

*Capture tweet yang disertakan dalam bagian ini adalah ragam kicauan dari beberapa warga Gaza di twitter selama bulan Agustus 2016.

★ @Farah_Gazan (Farah Baker)

Farah adalah remaja 18 tahun yang tinggal di Gaza, dalam akun facebooknya gadis ini mengaku berkuliah tingkat 2 di Al Azar University Gaza. Dalam akun twitternya Farah menulis:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x