Mohon tunggu...
Syauqi SetyaPerdana
Syauqi SetyaPerdana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembuatan Video Profil untuk Kemajuan Desa Ketawang

30 Juli 2021   22:21 Diperbarui: 30 Juli 2021   23:22 31 1 0 Mohon Tunggu...

Desa Ketawang merupakan desa yang terletak di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, jumlah penduduk yang tinggal di Desa Ketawang adalah sebanyak 4.074 jiwa yang tersebar di 2 dusun, 4 rukun warga (RW) dan 33 rukun tetangga (RT). Selama ini Desa Ketawang dikenal dengan wilayahnya yang dikelilingi oleh perkebunan tebu dan menjadi tujuan untuk mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Rifa'ie yang sudah cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia.

Padahal, sebenarnya Desa Ketawang memiliki potensi lain yang melimpah. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang menelusuri potensi yang ada di Desa Ketawang dan mengemasnya dalam suatu video profil desa. Umumnya, mata pencaharian warga Desa Ketawang adalah petani, buruh pabrik, pekebun, peternak, dan ada juga yang mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

UMKM yang ada di Desa Ketawang terbilang cukup banyak seperti pembuatan batu bata, pengolahan telur asin, pembuatan makanan ringan dan pengolahan kayu triplek. Potensi lain yang dimiliki desa adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sudah maju. Saat ini  BUMDes Desa Ketawang memiliki 4 unit pengelolaan yaitu Unit Pengelolaan Air Bersih, Unit Pengelolaan Swalayan (Tawang Gross), Unit Pengelolaan Sampah dan Unit Pengelolaan Pertanian.

Tujuan pembuatan video profil adalah untuk meningkatkan branding desa dengan cara menyebarluaskan informasi mengenai keberagaman budaya, aktivitas warga dan fasilitas yang ada di Desa Ketawang kepada masyarakat luas. Harapan dari pembuatan video profil ini adalah akan banyak masyarakat di luar Desa Ketawang yang mengunjungi dan berbelanja di UMKM yang berada di Desa Ketawang, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa dalam bidang jasa maupun non jasa.

Berikut ini link Youtube KKN Desa ketawang 2021

https://youtu.be/kTWc_BgZrdY

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN