Mohon tunggu...
Syarifah S.S Alaydrus
Syarifah S.S Alaydrus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

Menyukai berita menarik dan informatif

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Menengok Kota Manokwari yang Berpotensi Menjadi Tempat Wisata

21 Desember 2022   00:49 Diperbarui: 21 Desember 2022   00:57 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Manokwari merupakan salah satu kota yang indah dengan pemandangan alam berupa laut-laut yang menjadi kebanggaan para penduduk kota Manokwari. Banyak sekali destinasi destinasi alam yang menarik sekali untuk dikunjungi. Keindahan alam masih menjadi pusat mata bagi para penduduk. Saya kebetulan adalah penduduk kota Manokwari tetapi saya sedang menempuh pendidikan di kota Malang saat ini. 

Saya sering melihat potensi-potensi di kota Manokwari untuk dijadikan tempat berwisata. Apalagi dengan keindahan alam yang didominasi oleh pantai-pantai yang berwarna biru maupun hijau.

Tetapi saat saya berada di Manokwari masih banyak pulau-pulau yang tidak bernama dan ditelantarkan begitu saja. Banyak sekali sampah plastic, sampah makanan, sampah Pampers dan lain-lain. 

Yang pastinya saya sebagai penduduk Manokwari miris dengan hal itu. Padahal melihat keindahan alam yang begitu indah membuat saya sangat nyaman di Manokwari hanya saja pengolahan alam belum terlirik oleh orang-orang. Manokwari mempunyai pesona yang memukau yang cocok dijadikan pusat wisata. Apalagi suasana yang sejuk karna berada didekat pulau cocok untuk berlibur dikota ini.

Sebagai penduduk Manokwari saya menginginkan pulau-pulau di kota Manokwari menjadi pusat wisatawan dan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi Manokwari karena amat sangat disayangkan jika pulau-pulau yang indah dan unik ini tidak terlihat di mata para wisatawan karena wisatawan pun tidak tahu adanya tempat tersebut. 

Ketika suatu hari saya bertanya kepada teman teman apakah mengetahui tempat wisata papua teman teman saya selalu menjawab raja Ampat. Padahal masih banyak sekali selain raja Ampat yang bisa dijadikan tempat berwisata apalagi dimanokwari.

Jujur saya ingat sekali ketika saya berada di manowari setiap saya melakukan perjalanan pasti saya akan menemukan pulau-pulau yang indah dan berkesan bagi saya dan pastinya hal itu dapat dimanfaatkan dan dijadikan tempat wisata serta menambah tujuan-tujuan wisata bagi para wisatawan tentunya.

Saya sempat bertanya kepada salah satu penduduk manokwari tentang bagaimana manokwari jika banyak tempat dijadikan tempat wisata riendra 27 tahun sat itu menjawab akan sangat senang apabila banyak yang dijadikan tempat wisata dimanokwari dimanfaatkan serta dikelolah dengan baik. 

Pasti juga mata pencarian baru bakalan terus bertambah. Adapun parjio yakni salah satu penduduk asli manokwari menjawab akan sangat bangga apabila manokwari bisa menjadi pesona baru untuk Indonesia.

Keingginan saya untuk manokwari sangat banyak. Menjadikan pulau tak bernama menjadi tempat wisata yang dibicarakan tentu akan sangat membagakan apalagi mengingat bahwa suasana dikota manokwari yang cocok dijadikan tempat liburan yang siap menemani para wisatawan berlibur. Perasaan ingin kembali ke manokwari selalu terbesit mengingat pesona besar yang dipancarkan oleh kota manokwari.

Perasaan ingin selalu mengunjungi kota Manokwari selalu terbesit dalam hati saya karena kota Manokwari yang selalu menampilkan dan menonjolkan pulau-pulaunya membuat saya nyaman melihat keindahan alam tersebut namun perasaan itu membuat saya sadar ketika melihat banyak pulau-pulau yang masih belum dilirik  untuk dijadikan tempat wisata yang seharusnya bisa menjadi tempat kunjungan para wisatawan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun