Mohon tunggu...
Syarif Enha
Syarif Enha Mohon Tunggu... Dosen - Manusia yang selalu terbangun ketika tidak tidur

Manusia hidup harus dengan kemanusiaannya

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Indahnya Silancur Highland dan Gunung Sumbing yang Malu-Malu

11 Oktober 2021   22:45 Diperbarui: 11 Oktober 2021   22:47 149 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Silancur adalah salah satu destinasi wisata alam pegunungan yang patut untuk dimasukkan dalam daftar kunjungan. Dengan nuansa alam pedesaan dan perkebunan rakyat di kaki gunung Sumbing, Silancur menawarkan berjuta keindahaan yang layak terus dikenang.

Silancur berlokasi di daerah Mangli Kaliangkrik Magelang Jawa Tengah. Dengan ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, menjadikan udara Silancur sudah segar dan cenderung dingin. Sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan bikin badan Kembali segar setelah penat dengan masalah kehidupan. Kembali ke alam, adalah cara paling mudah mengecilkan permasalahan yang seolah-olah besar dan berat. Di hadapan alam, kita dengan semua masalah yang melekat terasa sangat kecil dan bukan apa-apa. Dengan mendekat ke alam, kita bisa semakin merasakan kebesaran Tuhan.

Keunggulan dan Fasilitas

Destinasi utama Silancur ada di puncak bukit, dengan lokasi dataran di puncaknya cukup luas dan dipenuhi pepohonan besar. Ini menjadi kesan tersendiri, bahwa ini tanah terpilih. Jelas itu bukan tanaman yang baru diadakan ketika destinasi ini dibuka, tetapi sudah ada sejak lama, sehingga akarnya sudah kokoh dan batangnya besar dengan daun yang rimbun. Beberapa ayunan dapat dengan mudah dan aman digantungkan.

Setiap sisi, dikelilingi dengan meja beton kuat. Kita bisa memilih sisi mana saja, maka akan terhampar keindahan alam di depannya. Jika kita menghadap ke barat, aka nada gunung Sumbing yang kokoh nan indah. Jika menghadap timur, terhampar lembah luas dengan jangkauan lampu kota jika malam hari. Dan jika beruntung, pada cuaca yang cerah, ada dua pucuk gunung yaitu Merapi dan merbabu yang menyembul di antara lautan awan. Jika menengok dekat ke bawah, hamparan kebun kol, sawi, loncang dan sebagainya sumbur hijau menyejukkan mata.

Di bagian sisi-sisi tebing, dibuat banyak spot foto yang menawarkan latar belakang alam bak kayangan. Bagi aktivis Instagram atau media sosial lainnya, foto yang dihasilkan di destinasi ini, sayang untuk tidak dipamerkan.

Fasilitas sangat komplet. Mulai dari lokasi parkir, musholla, sampai dengan toilet aman. Untuk spot foto di tiap titik tidak lagi perlu tambahan biaya. Cukup sekali masuk saja.

Camping Ground

Di sisi utara lokasi, ada bedengan yang cukup luas yang memuat sekitar 15-20 tenda. Tidak jarang wisatawan menginap untuk mendapatkan kesempatan menatap sunrise di subuh hari. Jika tidak membawa tenda, anda bisa menyewa tenda komplit tinggal pakai. Jika rombongan keluarga, ada dua ruangan yang bisa disewa komplit dengan fasilitas penginapan. Akses listrik ke lokasi tenda camping juga cukup baik. Kita tinggal membawa oloran kabel listrik berstopkontak untuk bisa memanfaatkannya.

Salah satu keasyikan camping di sini adalah tenda dihadapkan pada sisi utara mengadap timur, sehingga begitu malam, hamparan lampu kota di lokasi jauh tampak indah, dan begitu pagi, anda langsung disuguhi dengan matahari bayi yang indah.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Menuju Lokasi 

Lokasi Silancur dengan keindahan lokasinya, tergolong mudah dijangkau. Jalan menuju lokasi sudah cukup baik dan lebar. Dari segi tanjakan juga tidak terlalu terjal. Dengan kondisi mobil yang sehat, dan keterampilan mengendarai, Silancur bukan destinasi yang "menakutkan". Lokasinya dari kota magelang juga tidak jauh, hanya 30-40 menit kita sudah sampai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan