Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 34 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor serta penasehat Forum TBM Kab. Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sinergi 3 Kampus, Praktik Pengabdian Masyarakat di Kuningan Jabar

4 Juli 2021   14:16 Diperbarui: 4 Juli 2021   14:37 94 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sinergi 3 Kampus, Praktik Pengabdian Masyarakat di Kuningan Jabar
Sumber: Pribadi

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari Kalanga perguruan tinggi.

Insan akademik dan civitas akademika punya tanggung sosial untuk berbakti kepada masyarakat secara terencana dan berkelanjutan.

Dalam  konteks itulah, STT IKAT Jakarta, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makasar, dan Universitas Pakuan (Unpak) berkolaborasi kegiatan PkM di SDN 1 Mandalajaya Kuningan Jabar (25/06/2021).

PkM tiga kampus ini pun digelar dengan penerapan protokol Kesehatan yang ketat. Demi Kesehatan dosen, guru, dan siswa yang terlibat.

Bertajuk "Pendampingan Praktik Manajemen Pembelajaran Abad 21 Berbasis 4C (creative, critical thinking, communication dan collaboration)", PkM ini diikuti para guru dan dipraktikkan kepada siswa kelas 5. Sebagai Kepala Sekolah, Suganda S.Pd. pun menyambut baik kegiatan PkM ini untuk meningkatkan kompetensi guru dala mengajat, yang terhenti akibat pandemi Covid-19.

Diakuinya, selain dapat menjadi angin segar upaya peningkatan mutu pembelajaran, PkM ini dibutuhkan kalangan sekolah.

Kolaborasi 3 kampus dalam PkM ini pun menjadi bagian aktivitas terjun langsung ke lapangan untuk mengenai karakteristik dan kebiasaan pembelajaran di daerah.

Di tengah keterbatasan pandemic Covid-19, upaya mengetahui kendala belajar di lapangan harus bisa dipahami dengan jelas. Agar kampus dapat memberi masukan yang sesuai kenyataan.

Dalam kesempatan ini, Dr. Donna Sampaleng, M.Pd dari STT Ikat Jakarta  memberikan pesan pendidikan kepada siswa akan pentingnya motivasi belajar, di samping memberi bingkisan.

Sebagai contoh, Dr. Donna pun memberi contoh role model yaitu Dr. Rais Hidayat sebagai narasumber di PkM ini sekaligus alumni dari SD Mandala 1 Kuningan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN