Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Meriahnya Lomba Serba Buku, Cara Khas Taman Bacaan Gelar HUT Kemerdekaan RI

18 Agustus 2019   19:01 Diperbarui: 18 Agustus 2019   19:07 0 5 5 Mohon Tunggu...
Meriahnya Lomba Serba Buku, Cara Khas Taman Bacaan Gelar HUT Kemerdekaan RI
dokumentasi pribadi

Ada banyak cara merayakan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Salah satunya, Lomba Serba Buku yang digelar Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor pada Minggu, 18 Agustus 2019.

Sebagai bagian untuk mengkampanyekan pentingnya tradisi baca dan budaya literasi, TBM Lentera Pustaka punya cara khas dengan menyajikan lomba-lomba sambil membawa buku. 

Mulai dari makan kerpuk sambil pegang buku, membawa kelereng dengan buku, senam literasi sambil memegang buku, joget balon dengan buku, makan koin terigu sambil pegang buku, anak rias ibu, tangkap bebek, balam karung pakai helm, hingga parade baca anak serta membaca bersuara bagi ibu-ibu.

Diikuti sekitar 140 anak-anak dan warga sekitar taman bacaan, perlombaaan dibuka langsung oleh Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka. Acara yang berlangsung sangat meriah dari pukul 06.00-17.00 WIB ini menjadi hiburan warga dan anak-anak setahun sekali. Sekaligus bergembira ria sambil merayakan HUT Kemerdekaan ke-74 RI, sebagai tumpah darah bangsa.

Sebagai cerminan sikap cinta tanah air, anak-anak TBM Lentera Pustaka pun menampilkan tarian jaipongan sebagai bagian pelestarian budaya Sunda dan upacara bendera ala taman bacaan. 

Berbagai hadiah tersedia dalam acara Lomba Serba Buku TBM Lentera Pustaka; mulai dari uang tunai, hadiah souvenir korporasi dari Alllianz Indonesia, AJ Generali Indonesia, WanaArtha Life, DPLK Bank Mandiri, AJ Tugu Mandiri, Asosiasi DPLK, dan sepatu, kaos, jam tangan. Tersedia pula "pesta jajanan kampung" gratis untuk anak-anak dan warga di acara TBM Lentera Pustaka ini.

"Lomba Serba Buku kami gelar setiap tahun dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI. Inilah cara khas taman bacaan mensyukuri kemerdekaan. Antusiasme anak-anak dan warga sangat besar. Di samping dukungan dari korporasi pun banyak. Saya bangga dan semoga tradisi baca serta budaya literasi terus tumbuh di Desa Sukaluyu ini" ujar Syarifudin Yunus di sela acara.

Selalu ada cara unik dan kreatif dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 kali ini. Salah satunya di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kaki Gunung Salak Bogor, semua lomba bernuansa "membaca buku" sebagai ciri taman bacaan.

Kenapa Lomba Serba Buku?

Lomba Serba Buku adalah ciri taman bacaan. Karena lomba ini diselenggarakan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Maka buku menjadi identitas lomba sebagai bagian untuk meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak di Desa Sukaluyu. 

Hal ini sekaligus menjadi kampanye "AYO BACA" yang dilakukan TBM Lentera Pustaka untuk mengajak anak-anak usia sekolah yang "belum mau" ke taman bacaan untuk bergabung membaca tiap seminggu 3 kali. Lomba serba buku adalah simbol taman bacaan masyarakat dalam membangun budaya literasi anak dan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x