Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Rencanakan Liburan Nanti, Optimalkan Investasi

13 Juli 2018   16:47 Diperbarui: 13 Juli 2018   17:02 0 1 1 Mohon Tunggu...
Rencanakan Liburan Nanti, Optimalkan Investasi
10-liburan-5b4875b3caf7db1d77140a02.jpg

Liburan anak-anak sekolah sebentar lagi berakhir. Libur lebaran usai sudah. 

Liburan adalah momentum saat orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau persekolahan. Maka, nikmatilah masa-masa liburan. Untuk bepergian, bersenang-senang bersama keluarga atau sahabat. Apapun bentuk liburannya, asal dapat menjadikan kita lebih baik secara psikologis. Hidup di zaman milenial, gak usah terlalu serius. Manfaatkanlah waktu liburan. Selagi bisa selagi mampu. Have a good quality time ...

Tapi berhati-hatilah, karena liburan seringkali berubah jadi keluhan.

Jika liburan untuk bersenang-senang. Maka jangan ada ketika liburan atau seusai liburan, keluhan soal keuangan. Karena liburan memang membutuhkan uang. Liburan butuh budget, butuh dana yang tidak kecil. Apalagi bersama keluarga dan memilih tempat liburan yang jauh. Liburan pasti sangat dekat dan berhubungan dengan uang. Bukan liburan namanya bila tidak menghabiskan uang. Tapi juga bukan liburan bila sesudahnya penuh dengan keluhan.

Liburan, jangan ditunda bila waktunya tiba. Liburan pun jangan disesali bila menghabiskan biaya besar. Karena liburan punya sejuta manfaat, bahkan bertujuan agar kita lebih bahagia dan lebih senang. Lalu, mengapa masih ada yang menyesali liburan karena uangnya habis?Jika liburan adalah bentuk investasi waktu dan kebahagiaan. Jika pilihan tempat liburan adalah investasi pariwisata. Maka kita yang gemar liburan, sudah saatnya pula memiliki "kendaraan" investasi untuk membiayai seluruh rencana liburan kita di waktu mendatang. Biar tidak ada keluhan maka mulailah untuk mempersiapkan liburan di tahun depan. Liburan itu makin asyik bila biayanya bisa disiapkan sejak dini.

Lalu, gimana caranya mempersiapkan dana liburan?

Sederhana saja, jadikan momentum liburan untuk introspeksi diri tentang investasi. Mulai menyisihkan sebagian dana untuk keperluan liburan. Rutin asal konsisten. Investasi sejak dini untuk liburan masa nanti.

Untuk apa investasi? Tentu, agar liburan kita di waktu-waktu mendatang bisa dibiayai dari hasil investasi yang kita pilih, yang kita lakukan. Memulai investasi sekarang untuk biaya liburan tahun depan. Memulai investasi untuk antisipasi kebutuhan finansial di masa depan. Karena hakikat investasi adalah agar terbebas dari masalah keuangan.

Cara sederhana investasi yang bisa dilakukan untuk liburan adalah membeli reksadana.

Karena reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Bukan hanya mudah tapi bisa dilakukan oleh siapa saja. Jumlah uangnya pun tidak harus besar. Asal rutin setiap bulannya. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. Itulah reksadana.

Salah satu bentuk reksadana yang dapat dipilih, antara lain berbentuk RDPT (Reksa Dana Pendapatan Terbatas) berupa Surat Berharga Perpetual. Hebatnya, reksadana ini tidak memiliki tanggal jatuh tempo namun memberikan rate 8.25% pa dengan pembayaran kupon setiap 3 bulan. Selain itu, DIRE Ciptadana pun dapat menjadi pilihan dalam memulai dan membiasakan investasi, termasuk untuk membiayai liburan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN