Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 34 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor serta penasehat Forum TBM Kab. Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Semarak Gerakan Literasi di SMPN 151 Jakarta

8 November 2017   13:06 Diperbarui: 8 November 2017   14:59 1940 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semarak Gerakan Literasi di SMPN 151 Jakarta
Dokumentasi Pribadi

Ada banyak cara membangun budaya literasi di kalangan anak-anak. Asal mau asal peduli.

Di tengah serbuan gawai (gadget) dan tontonan TV yang kian menyengat hingga sekarang, budaya literasi (kebiasaan baca-tulis) di kalangan anak-anak patut mendapat perhatian, bahkan kepedulian nyata. Sangat bahaya jika generasi mudah "terbuai" gawai atau tontonan lalu "meninggalkan" buku, menanggalkan bacaan.

Berangkat dari semangat itulah, SMP Negeri 151 Jakarta menyelenggarakan "Semarak Gerakan Literasi" dalam rangka Bulan Bahasa 2017, yang diisi kegiatan Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Puisi, Lomba Debat pada Rabu, 8 November 2017 di SMPN 151 Jakarta. Puncaknya, diadakan Seminar Gerakan Literasi yang menghadirkan pembicara Syarifudin Yunus, penulis 17 buku yang dosen Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, penggiat literasi dan Pendiri TBM Lentera Pustaka.

Dihadiri 750-an siswa dan puluhan guru, semarak gerakan literasi menyadarkan akan pentingnya membangun kebiasaan membaca dan menulis di kalangan siswa SMP.

Menyadari bahwa budaya baca-tulis bangsa ini sangat rendah, sangat diperlukan gerakan untuk "mendekatkan siswa dengan buku". Karena di era digital dan kecanggihan teknologi saat ini, daya tarik anak-anak bukanlah lagi buku, namun gawai dan televisi. 

"Sekarang ini kita sudah sulit mendapati anak-anak yang sedang baca buku di kantin, di mobil, atau di tempat umum. Zaman sudah berubah. Maka kita harus peduli untuk mendekatkan kembali anak-anak dengan buku" ujar Syarifudin Yunus.

Bercermin pada reformasi pendidikan di Vietnam, negara yang pernah mengalami konflik perang saudara berkepanjangan. Saat ini, memiliki tradisi membaca yang sangat kuat hingga muncul sebagai negara berkembang yang pesat di Asia Tenggara.

Untuk itu, anak-anak ndonesia tidak boleh kalah. Gerakan literasi harus dikuatkan oleh semua pihak; baik pemerintah, sekolah maupun keluarga. Namun sayangnya, banyak pihak yang tidak menyadari pentingnya budaya membaca, budaya literasi. Agak miris, karena kepedulian terhadap budaya baca-tulis baru sebatas semangat belum menjadi aksi nyata.

Oleh karena itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan seperti SMPN 151 Jakarta mengambil peran penting untuk membangun budaya literasi di kalangan siswanya. "Kami ingin siswa-siswa  di sini "Kami ingin siswa-siswa di sini punya tradisi membaca dan menulis yang semakin meningkat. Agar kegiatan pembelajaran dan literasi ke depan semakin berkualitas" ujar Kepala Sekolah SMPN 151 Jakarta. 

Dalam kesempatan ini, Syarifudin Yunus membagi informasi tentang 7 Resep Membudayakan Literasi di sekolah, yaitu:

1. Paham akan pentingnya membaca (kosakata, wawasan, kesabaran, karakter) sebagai landasan untuk menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x