Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Belajar yang Menyenangkan (Catatan Dies Natalis ke-13 Unindra)

6 September 2017   14:31 Diperbarui: 6 September 2017   17:04 0 0 0 Mohon Tunggu...
Belajar yang Menyenangkan (Catatan Dies Natalis ke-13 Unindra)
unindra-ged-59afa3ceb737c61467010232.jpg

Apa sih yang kamu lakukan kalo lagi ulang tahun?

Ada 3 jawaban teratas yang pernah saya survei: 1) membuat perayaan atau pesta ulang tahun, 2) mentraktir makan yang perlu ditraktir, dan 3) melakukan introspeksi diri. Ada juga sih yang jawab, ngumpet karena takut dikerjain. Ada juga yang jawab, minta hadiah dari orang lain. Bahkan ada juga yang jalan-jalan alias rekreasi. Tapi kalo yang "3 besar" ya seperti itulah cara merayakan ulang tahun.

Dan hari ini, tanpa terasa ada yang ulang tahun ke-13.

Universitas Indraprasta PGRI, sering disebut Unindra (yang dulunya bernama STKIP PGRI Jakarta), hari ini 6 September 2017, merayakan ulang tahun ke-13. Kalo istilah orang kampus, Dies Natalis ke-13. Kok masih muda banget umurnya ? Iya karena Unindra boleh dibilang metamorphosis dari STKIP PGRI Jakarta yang berdiri tahun 1982, bahkan cikal bakalnya dulu bernama IKIP PGRI Jakarta berdiri tahun 1971. Lalu sejak 2004, seiring dinamika dan kebutuhan sebagai perguruan tinggi berubah menjadi Universitas Indraprasta PGRI. Kampusnya ada di wilayah Pasar Rebo dan Tanjung Barat Jakarta.

Lalu apa istimewanya ulang tahun Unindra?

Tidak ada yang istimewa. Tulisan ini hanya ingin sedikit berbagi kisah tentang Unindra. Karena sedikit banyak, saya sudah menjadi dosen Unindra selama 23 tahun. Dulu sewaktu masih bernama STKIP PGRI Jakarta, saya tahu betul perguruan tinggi ini bisa dibilang "gak punya" kampus, bahkan kuliahnya hanya dilakukan di malam hari. Sama sekali gak banyak orang tahu, boro-boro kenal. Saya pun mengajar, mahasiswa yang hadir paling hanya 4 orang. Jadi artinya, Unindra yang dulu bernama STKIP PGRI Jakarta itu bukan apa-apa dan bahkan gak ada apa-apanya, kata orang di luar sana.

Tapi sekarang, sejak berganti nama menjadi Unindra dan di bawah kepemimpinan Rektor saat ini. Banyak orang di luar sana yang berdecak kagum, banyak orang yang geleng-geleng kepala atas pesatnya kemajuan Unindra sebagai salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Gedung kampus sudah memadai, mahasiswanya mungkin sudah melewati 25.000 mahasiswa, bahkan dosennya pun lebih dari 800-an. Buat saya, Unindra sangat maju pesat dan tumbuh menjadi kampus yang terus berdinamika untuk memenuhi kebutuhan belajar para generasi muda Indonesia.

Satu hal yang ingin menjadi catatan saya di Dies Natalis ke-13 Unindra tahun ini. Kampus atau perguruan tinggi apapun, di manapun, harus punya MANAJEMEN KAMPUS yang baik. Secara subjektif, saya melihat Unindra sangat menerapkan "Manajemen Kampus" yang luar biasa. Tata kelola kampus, dari berbagai aspek seperti kemahasiswaan, kehadiran dan jam mengajar dosen, kelengkapan struktural, fasilitas kampus, remunerasi dan sebagainya berjalan pada koridor yang terus-menerus membaik. Tertib administrasi, tertib manajemen inilah kekuatan Unindra hingga mampu menjadikannya sebagai salah satu perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Jakarta.    

  

Dengan menjunjung tinggi university values berupa 1) Peduli , 2) Mandiri, 3) Kreatif, dan 4) Adaptif, saat ini Unindra telah menjadi kampus pilihan banyak anak-anak muda dari berbagai daerah di Indonesia. Realitas ini pun akan terus berdinamika di Unindra dalam upaya memberikan kenyamanan mahasiswa dalam berkuliah, dalam belajar untuk meraih penguasaan ilmu secara lebih baik, lebih berkualitas.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x