Mohon tunggu...
Akhmad Syaikhu
Akhmad Syaikhu Mohon Tunggu...

"Semakin bertambah ilmuku, semakin aku tahu akan kebodohanku"

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Tiga Alasan Kamu Harus Ke Menganti, Salah Satu Pantai Terindah di Jawa Tengah

7 Oktober 2016   16:44 Diperbarui: 7 Oktober 2016   18:46 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tiga Alasan Kamu Harus Ke Menganti, Salah Satu Pantai Terindah di Jawa Tengah
Pantai Menganti (dokumen Pribadi)

Ada rencana berwisata ke Jawa Tengah, khususnya selatan Jawa Tengah? Dan Anda seorang pecinta pantai? Jika iya, jangan lewatkan destinasi ini. Pantai Menganti biasa orang menyebutnya. Sebuah pantai yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah.

Peta Menuju Menganti (sumber google maps)
Peta Menuju Menganti (sumber google maps)
Untuk menuju Menganti, sementara ini hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Ada beberapa rute yang dapat dipilih. Rute pertama, jika dari arah kota Yogyakarta, terlebih dahulu menuju kota Kebumen. Dari kota Kebumen, rute yang diambil arah menuju ke Puring. Setelah itu berbelok ke kanan menuju arah pantai Suwuk. Lanjut terus menuju arah pantai Menganti.

Rute kedua, jika melalui kota Purwokerto, dapat menuju Kota Kebumen via Sumpiuh. Lalu melanjutkan perjalanan menuju pantai Logending. Jika pantai Logending kita belok kanan, menuju pantai Menganti belok ke kiri. Ikuti terus jalan yang menanjak. Kurang lebih dari pantai Ayah jaraknya sekitar 4 km atau mungkin membutuhkan 20 menit sampai Gerbang Masuk pantai Menganti. Setelah itu,kalian akan disambut awesome hidden paradise. Surga indah yang tersembunyi.

Bagi penulis, definisi terindah tidak hanya mengandalkan alam saja yang menawan, namun terdapat sebuah value pendukung untuk mendapatkan gelar ‘terindah’ itu. Selain tangan Tuhan, perlu juga sentuhan tangan manusia untuk melengkapinya. Apa saja value untuk mendapatkan gelar terindah? Berikut penulis paparkan alasan-alasan mengapa Menganti memang pantas untuk di jadikan pilihan.

Birunya Menganti (dokumen Pribadi)
Birunya Menganti (dokumen Pribadi)
Alam yang Rupawan

Ini jelas menjadi alasan utama mengapa pantai Menganti menjadi tujuan. Satu kata yang mendeskripsikan; Indah. Bagi penulis, Menganti merupakan sebuah pantai dengan ‘paket komplit’. Tebing karang (karst) yang ditaburi pasir putih di sisi kanan dan pasir hitam di sisi kiri adalah pemandangan yang akan didapati. Karang yang menjulang menjadikan Menganti indah dilihat dari atas tebing. Sementara itu, perpaduan pasir hitam dan pasir putih di sisi bawah pantai, menjadikan Menganti elok dipandang dari bawah.

Pemandangan di kawasan Pantai Menganti kian terlihat indah jika dapat naik ke mercusuar untuk melihat luasnya Samudera Hindia plus semilir anginnya dan dapat melihat pemandangan pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan Pantai Pecaron. Bahkan, jika kalian kesana saat musim penghujan tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti akan menyuguhkan empat buah air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter. Kurang indah apa lagi coba pantai ini? Komplit bukan?

Fasilitas yg menarik di Menganti (dokumen pribadi)
Fasilitas yg menarik di Menganti (dokumen pribadi)
Akses Jalan serta Infrastrutur Pendukung

Indah saja tak cukup menjadikan Menganti pilihan. Kelebihan tambahan wajib adanya, agar Menganti pantas memang menjadi pilihan. Salah satunya adalah akses jalan serta infratruktur penunjang tujuan yang disediakan. Karena, terdapat tempat wisata yang menarik namun membutuhkan waktu yang lama di perjalanan. Sulitnya akses dan infrastruktur yang kurang memadai selalu menjadi penghalang.

Berita baiknya, untuk menuju Menganti aspal yang di sediakan pemerintah sangat memadai. Pemerintah daerah Kebumen tampaknya sangat sadar akan besarnya potensi yang di punya Menganti. Selain itu, fasilitas penunjang seperti homestay, musholla, tempat makan pun tersedia dengan baik disini. Jadi, kiranya tepat akses mudah serta fasilitas penunjang lainnya menjadikan alasan kedua mengapa memilih Menganti.

Pondok di Menganti (dokumen pribadi)
Pondok di Menganti (dokumen pribadi)
Serba ‘Ramah’

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN