Mohon tunggu...
Syaifullah Amin
Syaifullah Amin Mohon Tunggu... Writer

Writer

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mari Mengenal Apa Itu Strain Gauge Transducer

17 September 2020   13:36 Diperbarui: 17 September 2020   13:47 29 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Mengenal Apa Itu Strain Gauge Transducer
st350-5f630352097f3656bf46e163.jpg

Strain gauge transducer adalah sebuah alat dengan tipe electrical sensor, yang mana alat ini digunakan untuk melakukan pengukuran pada sebuah gaya dan juga regangan material. Daya tahan pada strain gauge ini akan mengalami perubahan ketika gaya atau force diterapkan pada alat, ini juga akan memberikan beberapa output listrik yang berbeda beda. Strain gauge transducer menggunakan metode ini agar dapat melakukan pengukuran pada tekanan, berat dan juga pada tegangan.

Disaat gaya external diterapkan pada sebuah benda yang diam, maka akan terdapat 2 buah gaya, yakni stress dan strain. Stress atau tegangan adalah sebuah gaya atau daya tahan pada sebuah benda dengan cara memberikan dorongan balik, dan strain atau tegangan adalah sebuah perpindahan dan juga deformasi yang terdapat pada sebuah benda. Gaya inilah yang nantinya akan dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat strain gauge transducer.

trans2-5f63035d097f3678455d7fe2.jpg
trans2-5f63035d097f3678455d7fe2.jpg
Karena alat ini memiliki ukuran diameter yang kecil, alat ini dapat melakukan pengukuran pada sebuah konstraksi atau pemuaian pada sebuah benda. Bahkan jika benda tersebut memiliki ukuran yang kecil sekalipun, itupun jika benda dipasangkan secara benar pada perangkat. Dan juga strain gauge ini memiliki ukuran yang tipis dan tersedia dalam berbagai macam ukuran, karena itulah alat ini sangat cocok untuk digunakan pada berbagai jenis pengujian.

Alat ini digunakan dalam beberapa pengaplikasian seperti:

  • Pengukuran pada tekanan jalur kereta api
  • Tekanan pada defleksi sayap pesawat
  • Uji komponen pada sebuah pesawat
  • Uji ketegangan pada rotasi sebuah turbin, roda, kipas dan pada baling baling motor
  • Uji lambung kapal
  • Uji struktur pada sebuah jembatan maupun bangunan
  • Pengujian pada otomotif

Cara Kerja Pada Alat

Umumnya, pengukuran yang dilakukan dengan alat ini akan menggunakan sebuah kawat yang sangat halus, atau sebuah kertas logam yang disusun kedalam pola kisi. Hambatan pada listrik grid logam pengukuran akan mengalami perubahan sebanding dengan jumlah regangan yang dipengaruhi oleh objek tersebut, pengukuran pada alat ini dilakukan secara jelas dan juga akurat.

Sumber

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x