Mohon tunggu...
Syaifuddin Sayuti
Syaifuddin Sayuti Mohon Tunggu... blogger, Kelas Blogger, traveller, dosen.

email : udin.sayuti@gmail.com twitter : @syaifuddin1969 IG: @syaifuddin1969 dan @liburandihotel FB: https://www.facebook.com/?q=#/udinsayuti69 Personal blog : http://syaifuddin.com/

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Sepotong Asia di Jakarta Street Food Festival

29 November 2014   06:51 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:33 187 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepotong Asia di Jakarta Street Food Festival
14171967021066038982

[caption id="attachment_356762" align="aligncenter" width="585" caption="Jakarta Street Food Festival (foto: koleksi pribadi)"][/caption]

Setelah membuat heboh gelaran Kompasianival dengan makan gratis berjamaah, Komunitas KPK (Kompasianer Penggila Kuliner) kembali melakukan penggerebekan tempat makan. Kali ini giliran Jakarta Street Food Festival di La Piazza, Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang digerebek hari Rabu (26/11).

Enam orang petugas KPK hadir, yakni saya sendiri, Rahab Ganendra, Sutiono Gunadi, Fitri Rosdiani, dan pasangan Nur Aliem beserta istrinya Bunda Sitti Rabiah. Selama penggerebekan kami ditemani mbak Indri dari La Piazza. Oiya, ini adalah gelaran KPK gerebek kedua di La Piazza setelah sebelumnya kami sama-sama menggerebek Jakarta Barbeque Festival.

Saya tiba di lokasi paling awal dan langsung menjelajahi tiap sudut lokasi festival. Lokasinya sendiri berada di halaman La Piazza, tepatnya di Doc 88, lokasi yang sama dengan Jakarta Barbeque Festival beberapa saat lalu.

[caption id="attachment_356763" align="aligncenter" width="480" caption="Salah satu sudut JSFF (foto: koleksi pribadi) "]

14171986092094625343
14171986092094625343
[/caption]

Tiba di lokasi saya disambut gerbang besar dengan ornamen Asia yang sangat kental. Ada sebuah rickshaw (sejenis Becak dari Tiongkok) yang ditempatkan persis di pintu masuk. Di sana sini juga terlihat aksara kanji dan China yang menghiasi jajaran booth  peserta.

Untuk mencicipi aneka makanan di area festival, pengunjung mesti menukarkan uang dengan kupon yang menyerupai uang kertas di ticket box di pintu masuk. Uang mainan yang didesain mirip uang monopoli itu memiliki nominal seribu hingga sepuluh ribu rupiah. Uang ini merupakan alat tukar-menukar yang sah di area festival. Dengan uang tersebut kita bisa membeli aneka jajanan sesuai keinginan.

Penyelenggara juga punya cara lain bagi pengunjung yang enggan menggunakan uang kertas mainan. Mereka bisa menggunakan uang elektronik. Kali ini La Piazza menggandeng Bank Mandiri yang menyediakan layanan Mandiri E-money sebagai alat pembayaran sah. Bahkan di booth Mandiri pengunjung juga bisa menukarkan fiesta poin miliknya yang bakal dibarter untuk berbelanja di area festival.

Ini adalah cara cerdas penyelenggara yang merangkul kalangan perbankan. Dan ini sekaligus digunakan sebagai kampanye penyadaran masyarakat mengenai kegunaan uang elektronik yang jauh lebih praktis dan simpel bagi masyarakat,

Semua Enak dan Enak Banget

Sempat agak bingung  saat memilih jajaran makanan di sini. Semuanya enak, semuanya menggoda. Saya butuh dua kali keliling venue untuk meyakinkan pilihan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN