Mohon tunggu...
Syaif Bima
Syaif Bima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan saya Syaif Bima Abdillah, Saat ini saya kuliah di Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Jurusan Ilmu Komunikasi. Menurut saya menulis adalah kegiatan menuangkan perasaan dalam bentuk rangkaian huruf.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Peran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara

11 September 2022   20:12 Diperbarui: 11 September 2022   20:23 14 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

1.     Pengertian Bahasa Indonesia 

Dipandang dari sudut linguistik, manusia tidak lahir bebas. Ia memiliki warisan berupa bahasa yang penuh dengan ungkapan pelik, kata-kata kuno dan tata bahasa uang membosankan, bahkan lebih penting lagi, ia mewarisi cara-cara mapan tertentu dalam berbicara yang mungkin membelenggu pikiran-pikirannya. Dan hal ini tentunya ada kaitannya atau berhubungan dengan bahasa dan budaya.

Mengenai bahasa dan budaya. Ada berbagai teori mengenai hubungan bahasa dan budaya, ada yang mengatakan bahasa itu bagian dari budaya, ada pula yang mengatakan bahwa bahasa dan budaya adalah dua hal yang berbeda, namun memiliki hubungan yang sangat erat sehingga tidak dapat terpisahkan. Ada juga yang mengatakan bahwa budaya sangat dipengaruhi oleh bahasa, bahkan bahasa juga mempengaruhi cara berpikir manusia atau masyarakat penuturnya.

Kata bahasa dalam kamus Arab adalah al-lughoh. Sedangkan dalam Mu'jam at-Takrifat, memiliki makna yang digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan apa yang diinginkan manusia. Kata bahasa dalam bahasa Indonesia memiliki lebih dari satu makna, sehingga sering kali membingungkan. Pengertian atau definisi bahasa juga bisa kita dapat dari hakikat atau penjabaran ciri dan sifat dari bahasa itu sendiri. Bahasa juga dapat diartikan sebagai sistem lambang bunyi yang bersifat arbiter, yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi dengan sekitar.

2.     Pengertian Kebudayaan nasional

Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional atau jati diri bangsa. Defini kebudayaan menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni:

 " Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya, dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukungnya".  

Kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah "Puncak-puncak dari Kebudayaan daerah". Kutipan pernyataan itu merujuk pada paham kesatuan makin dimantapkan, sehingga ketunggalikaan makin lebih dirasakan dari pada kebhinekaan.

3.     Kebudayaan daerah di Indonesia

Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia. Setiap daerah memiliki berbagai macam ciri khas tertentu dan berbeda-beda. Berikut ini beberapa kebudayaan di Indonesia berdasarkan jenisnya: 

Rumah Adat 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan