Mohon tunggu...
Syaid Iqbal
Syaid Iqbal Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Freelancer yang sedang tekun-tekunnya belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency

Kondisi Pasar Ekstrem, Penambangan DeFi Masih Merupakan Pilihan Bagus

8 Agustus 2022   09:05 Diperbarui: 8 Agustus 2022   09:08 115 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://www.defipulse.com/

Pada 18 Juli, Yu Weiwen, Presiden Otoritas Moneter Hong Kong, mengatakan pada pertemuan pejabat keuangan G20 bahwa DeFi dapat menjadi teknologi penting untuk inovasi di bidang keuangan di masa depan. 

Pada tahun 2020, teknologi blockchain telah membuat kemajuan besar di bidang keuangan terdistribusi, dan konsep DeFi telah menjadi populer Menurut data online, dari $ 1 miliar pada awal Maret 2020 menjadi $ 228 miliar pada kuartal pertama tahun 2022, 200 kali meningkat lebih banyak. Tingkat pertumbuhan DeFi yang luar biasa dan ruang pasar untuk pengembangan bisnis telah menarik perhatian banyak investor di industri ini.

Sejarah penambangan DeFi

 DeFi adalah Decentralized Finance (singkatan untuk keuangan terdesentralisasi), juga dikenal sebagai Keuangan Terbuka. Ini dirancang untuk memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan aktivitas keuangan kapan saja, dimana saja. 

Karena DeFi sepenuhnya didasarkan pada pengoperasian aset on-chain dan kontrak pintar, itu tidak akan terganggu oleh keakuratan dan validitas informasi off-chain untuk saat ini, sehingga telah menjadi skenario aplikasi dengan kemajuan pesat dalam aplikasi blockchain . 

Sejak konsep DeFi lahir, berbagai produk inovatif keuangan seperti pinjaman, derivatif, asuransi, dan pembayaran telah dikembangkan secara bertahap, dan dikombinasikan dengan karakteristik insentif token teknologi blockchain, model bisnis yang lebih beragam telah terbentuk.

 Di antara banyak derivatif keuangan DeFi, penambangan DeFi adalah salah satu yang lebih hemat biaya dan cocok untuk sebagian besar pengguna pemula. Berbeda dengan penambangan fisik (penambang, kartu grafis), penambangan DeFi adalah proses menjanjikan mata uang digital ke aplikasi proyek untuk menerima sejumlah hadiah token. 

Penambangan DeFi adalah model "koin yang dihasilkan koin", di mana "penambangan" mengacu pada protokol proyek tertentu. Setelah putaran baru omset bull and bear, pasar cryptocurrency secara bertahap kembali ke rasionalitas, dan harga sebagian besar aset DeFi sekarang stabil, dengan peningkatan yang signifikan dalam volume pengguna dan dana yang dipertahankan di pasar DeFi dibandingkan dengan sebelumnya. 

 Menjelang pecahnya DeFi, transaksi pasar crypto telah didominasi oleh pertukaran terpusat (CEX), seperti tiga bursa teratas di industri, serta banyak bintang baru di industri: MXC, AAX, dll. Dengan kematangan dan kemajuan DeFi yang berkelanjutan, platform pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang dipimpin oleh Uniswap juga telah mengantarkan momen penting. 

Oleh karena itu, konsep platform trading dibagi menjadi dua, yaitu CEX dan DEX. Sebagian besar pengguna berpengalaman dan lama yang telah berada di lingkaran mata uang selama bertahun-tahun akan lebih memilih DEX sebagai platform pilihan untuk penambangan DeFi. Namun, bagi sebagian besar pengguna pemula, sulit untuk beroperasi pada platform DEX, dengan ambang batas yang tinggi, biaya gas yang tinggi, dan bahkan menghadapi risiko seperti badai proyek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan